KRI Teluk Banten-516 Koarmada II Turut Meriahkan Puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila

SengkelatNews – Koarmada II Surabaya,
KRI Teluk Banten Satfib Koarmada II turut meriahkan pelaksanaan upacara dalam rangka peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2022 yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai puncak peringatan hari lahir Pancasila bertempat di lapangan Pancasila, Kab. Ende, NTT, Rabu (1/06/2022).

KRI Teluk Banten-516 Koarmada II Turut Meriahkan Puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila



Upacara peringatan hari lahir Pancasila kali ini berbeda dengan sebelumnya dikarenakan pelaksanaan upacara yang dilaksanakan di Kabupaten Ende di mana Kabupaten Ende sendiri dijuluki sebagai Kota Pancasila karena Ende merupakan tempat pengasingan Presiden Republik Indonesia ke-1, Soekarno dan merupakan tempat Soekarno menemukan kelima sila tepatnya di bawah pohon Sukun yang berlokasi di samping lapangan tempat berlangsungnya upacara.

KRI Teluk Banten-516 Koarmada II Turut Meriahkan Puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila


Pasukan upacara diikuti oleh prajurit TNI/POLRI, pelajar SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. 2 peleton prajurit Lantamal VII Kupang turut terlibat dalam pelaksanaan upacara sebagai pasukan upacara yang terdiri dari 1 peleton Korps Marinir dan 1 peleton Korps Pelaut.

Dalam amanatnya, Presiden RI Joko Widodo mengajak masyarakat menjadikan Pancasila sebagai pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan. Selain itu, Presiden RI juga mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan.

“Selamat memperingati hari lahir Pancasila. Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkap Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI Dr. Heribertus Yudho Warsono, S. E., M. M., M. Tr. Opsla., CHRMP., CIQnR., CIQaR., CRMP, menyampaikan bahwa peringatan hari lahir Pancasila jangan hanya dihafal tetapi terapkan juga nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari.

Turut hadir dalam kegiatan, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur NTT, Pangdam IX Udayana, Kapolda NTT, Danrem 161/WS, Ketua DPRD NTT, Ketua MK RI, Ketua DPR RI, Para Kepala Daerah NTT, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tamu Undangan, serta masyarakat Kab. Ende dan sekitarnya.

(Pen/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *