TINGKATKAN PROFESIONALISME PRAJURIT, YONMARHANLAN I IKUTI GELAR UJI TERAMPIL GLAGASPUR TAHUN 2022

SengkelatNews – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit, Prajurit Petarung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I bersama Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I, menggelar Uji Trampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat I dan Tingkat II (PI dan PII) tahun 2022 yang dibuka secara resmi oleh Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo bertempat di  gedung R. Mulyadi Lantamal I, Senin,(06/06).

TINGKATKAN PROFESIONALISME PRAJURIT, YONMARHANLAN I IKUTI GELAR UJI TERAMPIL GLAGASPUR TAHUN 2022



Latihan Uji Trampil Glagaspur Pangkalan tahun 2022 akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 6 hingga 8 Juni 2022, dengan materi latihan diantaranya keterampilan bahari, bongkar pasang senjata laras panjang dan pistol, PBB, uji tulis, dakhura, upacara persemayaman dan pemakaman, upacara penaikan bendera, Valreep dan jajar kehormatan, penempatan penjagaan, pergantian pengawal, peran huru hara, peran bahaya udara, dan peran kebakaran.

Uji Trampil Glagaspur Pangkalan Tingkat I (P-1/L-1) dan Tingkat II (P-2/L-2) tahun 2022 yang dilaksanakan di Lantamal I  Belawan ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu, “Membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman”.

Dalam sambutannya Danlantamal I menyampaikan bahwa tujuan dari Uji Terampil Glagaspur Pangkalan ini adalah untuk menguji profesionalisme dan meningkatkan kemampuan prajurit serta memperoleh kesamaan persepsi, keseragaman pengertian dan tindakan sesuai standarisasi latihan di TNI Angkatan Laut sehingga  dalam melaksanakan tugas-tugas pokok dapat terlaksana dengan baik.

Oleh karenanya Danlantamal I berpesan agar seluruh prajurit agar melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan prosedur dan referensi yang ada baik Orgaspros maupun pokok-pokok organisasi dan prosedur yang didalamnya ada Prokera dan buku petunjuk dengan tetap memperhatikan instruksi dan petunjuk yang diberikan serta selalu memperhatikan keselamatan personel dan material dalam latihan kemudian juga melaksanakan evaluasi sehingga dapat diketahui sejauh mana latihan ini dapat memberikan peningkatan kemampuan personel”. lanjut Danlantamal I.

Sedangkan Kolonel Laut (P) I Bayu Trikuncoro selaku Komandan Komando Latihan (Kolat) Koarmada I menyampaikan uji terampil yang akan dilaksanakan adalah agenda rutin tahunan dan merupakan bentuk penilaian terhadap penyelenggaraan latihan pangkalan untuk menentukan berhasil tidaknya suatu latihan.(PenPasmar/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *