DANYONMARHANLAN X JAYAPURA HADIRI UPACARA PEMBUKAAN OPS KAMLA DAN PENEGAKAN HUKUM LANTAMAL X

SengkelatNews – Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) X Jayapura Letkol Marinir Agung Prasetyo, M.Tr.Opsla mengadiri Upacara Pembukaan Operasi Keamanan Laut (Ops Kamla) dan Penegakan Hukum Balin Jaladi Wetan 22 Lantamal X bertempat di Dermaga Satrol Lantamal X Jl. Sam Ratulangi, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua. Kamis (09/06/2022).

DANYONMARHANLAN X JAYAPURA HADIRI UPACARA PEMBUKAAN OPS KAMLA DAN PENEGAKAN HUKUM LANTAMAL X



Pada kegiatan upacara tersebut bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI Marinir Feryanto P Marpaung dan selaku Komandan Upacara Dansatrol Lantamal X Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrahim, M.Tr. Hanla., M.Si., M.M. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut para Asisten Danlantamal X Jayapura, Para Kadis dan Kasatker Lantamal X, Pasintel Kodim 1701/Jayapura, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura, Wakalpolresta Jayapura, Bakamla RI, serta Kasi KSOP Kelas II Jayapura.

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 Pasal 9 bahwasanya, salah satu tugas pokok yang diemban Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut ialah menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah laut RI dan melaksanakan penegakan hukum wilayah laut NKRI.

Dalam kegiatan operasi yang dilaksanakan Lantamal X meliputi 3 giat utama, yakni SAR dan pertolongan di laut dengan mengadakan koordinasi, komunikasi, pengendalian, kewenangan, serta tanggung jawab penanganan musibah bersama instansi. Lalu yang kedua, ialah melakukan deteksi dan cegah dini pelanggaran, maupun tindak kejahatan di laut. Tugas yang ketiga, yakni melakukan operasi-operasi rutin yang melibatkan unsur-unsur Kapal TNI AL Lantamal X untuk menjaga kedaulatan dan menjamin keamanan dan keterlibatan di laut wilayah kerja Lantamal X Jayapura.

Kegiatan tersebut dilaksanakan guna mendukung kebijakan yang sudah dicanangkan Pemerintah untuk mewujudkan tol laut di seluruh wilayah Indonesia yang aman dan lancar.(Pen/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *