Koarmada II Dukung Program Studi FKG Unair dan FKG UHT Surabaya Dalam Pelayaran Kebangsaan dan Bahari

SengkelatNews – Koarmada II Surabaya, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmada II menggunakan KRI Makassar-590 unsur Satfib Koarmada II, bekerja sama dengan lembaga pendidikan yang memiliki nama besar di Wilayah Surabaya yakni Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Hang Tuah (UHT) menggelar pelayaran kebangsaan serta bahari.

Dalam kegiatan tersebut Kaskoarmada II Laksma TNI Rachmad Jayadi mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. T.S.N.B Hutabarat, M.M.S., memimpin upacara pembukaan pelayaran kebangsaan dan bahari serta merdeka belajar TNI AL, FKG Unair dan FKG UHT Surabaya, bertempat di Dermaga Madura Ujung Surabaya, pada Selasa (21/6).

Dalam amanat Pangkoarmada II yang dibacakan oleh Kaskoarmada II, mengatakan bahwa acara pembukaan yang diselenggarakan pada hakikatnya merupakan simbolisasi formal dimulainya kegiatan pelayaran kebangsaan dan bahari. Program kegiatan merupakan wujud pelaksanaan fungsi pembinaan teritorial TNI dalam rangka membina, mengelola dan menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh, untuk dapat didayagunakan demi kepentingan pertahanan negara dan kesejahteraan masyarakat.

Adapun tujuan pelaksanaan pelayaran kebangsaan bahari ini yakni untuk melaksanakan dan mengaplikasikan program “Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka” dengan mengembangkan kerja sama inter fakultas dan pihak luar kampus, memberikan fasilitas kepada dosen dan mahasiswa untuk merdeka dalam belajar atau menuntut ilmu agar memiliki pribadi yang kuat dari hasil berpikir serta bertindak merdeka tanpa tekanan dan hambatan dalam mengembangkan potensi. Selanjutnya kegiatan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara seimbang, terarah serta terstruktur.

Para peserta latihan ini diharapkan mampu memberikan contoh dan teladan yang baik bagi lingkungannya sebagai cerminan atas manfaat yang diperoleh setelah selesai dari mengikuti kegiatan ini.

“Untuk itu, agar panitia pelaksana bekerja dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati, agar bukan saja program ini dapat berjalan dengan lancar dan aman, tetapi yang terlebih penting adalah tergugahnya rasa cinta tanah air dan rasa sosial yang tinggi dari para peserta, sehingga pengalaman ini akan menjadi tonggak awal pengabdian dan landasan moral dalam menjalankan kehidupan sosial bermasyarakat serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.” Ungkap Laksma Rachmad Jayadi.

Turut hadir, Rektor UHT Laksda TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. Supartono, M.M., CIQAR, Rektor Unair, Prof. Dr. Muhammad Nasih, S.E., M.T., AK., CMA., Pejabat Utama Koarmada II, Para Asisten dan Kasatker Mako Koarmada II, Para Staf dan Dosen Universitas Airlangga dan Hang Tuah, Serta Para Peserta Pelayaran Kebangsaan Bahari.

(Pen/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *