Tingkatkan Professionalisme, Prajurit Bantuan Pendarat (Banrat) Yonbekpal 1 Marinir Laksanakan Pandu Helly

Sengkelatnews.com – Prajurit Batalyon Perbekalan dan Peralatan 1 Marinir (Yonbekpal 1 Mar) dalam Latihan Satuan Dasar II Triwulan II Tahun 2022 melaksanakan berbagai latihan salah satunya pemanduan helly (Marshaling Helly) yang dilaksanakan di Lapangan sepak bola Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Korps Marinir 6 Antralina Jampang Tengah Sukabumi Jawa Barat. Kamis (30/06/2022).

Tingkatkan Professionalisme, Prajurit Bantuan Pendarat (Banrat) Yonbekpal 1 Marinir Laksanakan Pandu Helly



Memandu helly mendarat dipetak pendaratan merupakan salah satu tugas pokok prajurit Bantuan Pendarat (Banrat) dalam mendukung operasi amfibi untuk memperlancar dan mempercepat pendistribusian bekal, infiltrasi pasukan maupun evakuasi korban, peran helly sangat vital dan sangat dibutuhkan. Pada saat awal pendaratan pengiriman bekal kritis sangat diperlukan kecepatan. Helly mendarat apabila tempat pendaratan helly aman dari musuh dan aman dari alam itu sendiri.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memdaratkan Heli, aba-aba pertama setelah pesawat datang yaitu menggunakan gerakan say hello, atau mengangkat tangan kanan lurus ke atas. Ini menandakan bahwa ada orang di landasan. Setelah itu mengarahkan tangan sejajar ke depan, itu menunjukkan pesawat harus parkir di sana.Setelah itu, tangan kembali lurus membentang ke kiri dan ke kanan pertanda pesawat harus lurus. Kemudian jika hendak mengarahkan pesawat ke kanan atau ke kiri, tangan tinggal diangkat setengah saja. Hingga mematikan mesin pilot harus sesuai dengan instruksi marshaler.

Letkol Marinir Budi Cahyono, M.Tr.Opsla., selaku Danyon Bekpal 1 Marinir menyampaikan bahwa, “helly mendarat dipandu dan diamankan oleh angggota Seksi Banrat serta menyiapkan lapangan atau letak pendaratan helly.” dalam latihan ini tetap laksanakan prosedur keselamatan personel maupun material dengan prinsip “Zero Accident”. Jelasnya.(PenPasmar/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *