Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan 41/2 Pusdiktek Kodiklatal Latihan Menembak Reaksi VBSS

Sengkelatnews.com – Kodiklatal Surabaya,

Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan Ke-41 Gelombang 2 Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek), Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal mendapatkan materi latihan Menembak Reaksi VBSS. Melibatkan instruktur handal dari Sekolah Komando Pasukan Katak atau Sekopaska Kodiklatal, latihan dilaksanakan di lapangan tembak J.W. Kainama Pesapaen pada Senin (11/7/2022)

Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan 41/2 Pusdiktek Kodiklatal Latihan Menembak Reaksi VBSS

Menggunakan senjata ringan SS-1, Lattek menembak kali ini bukan sembarang latihan. Sebab 54 orang siswa Dikmaba Angkatan 41/2 TA 2022 dari Kejuruan Mesin dan Kejuruan Listrik tersebut, mendapat pengetahuan penting tentang kemampuan menembak reaksi yang merupakan salah satu bagian dari materi pelajaran Visit Boarding Search Seizure (VBSS).

Pada kesempatan tersebut instruktur dari Sekopaska Kodiklatal menjelaskan kepada seluruh siswa tentang pengertian Visit yaitu mendekati target menggunakan sarana yang ada sesuai situasi dan Kondisi, Board yang berati memasuki sasaran secepat dan seefektif mungkin, Search pencarian target material dan personil serta Seizure yang berati pengamanan dan penangan target berupa personil dan material.

Sebelum lattek menembak dengan peluru tajam, lebih dulu siswa laksanakan Latihan kering dilanjutkan penembakan percobaan dengan tiga butir peluru tajam, dan diakhiri dengan penembakan 20 butir peluru tajam dengan posisi menembak berdiri. Dalam lattek menembak tersebut para siswa menembak dengan jarak 30 Meter.

Terpisah Komandan Pusdiktek Kolonel Laut (P) Panugrah Asy’ari mengatakan, mengingat latihan ini mengandung resiko tinggi maka setiap peserta latihan wajib melaksanakan Protap latihan yang berlaku, sehingga keselamatan personil dan material terjaga. Dirinya menambahkan bahwa lattek menembak ini merupakan salah satu implementasi program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dalam upaya membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.(pen/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *