Tingkatkan Kemampuan Teritorial,
Lantamal V Gelar Latihan Bintara Pembina Potensi Maritim

Sengkelatnews.com – Dalam rangka terus meningkatkan kemampuan teritorial bagi prajurit TNI AL, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V menggelar Latihan Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) TNI AL tahun 2022, bertempat di Mako Lantamal V, Perak Surabaya. Rabu (13/7)

Tingkatkan Kemampuan Teritorial,<br>Lantamal V Gelar Latihan Bintara Pembina Potensi Maritim



Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Joni Sulistiawan dan diikuti oleh Prajurit TNI AL anggota Satker serta Satlak Lantamal V dengan tujuan memberi edukasi kemampuan teritorial yang baik.

Dalam sambutanya Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V (Lantamal) V yang di wakili oleh Wakil Komandan Lantamal V saat membuka penataran ini menyampaikan, keberhasilan tugas TNI salah satunya akan dipengaruhi oleh kondisi teritorial yang sangat dinamis, maka tugas-tugas tersebut dipersiapkan melalui fungsi organik pembinaan yang salah satunya adalah fungsi Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla).

“Fungsi inilah yang secara terus menerus melekat, sebagai tugas TNI AL yang dilaksanakan dalam membangun sumber daya manusia (SDM), sumber daya alam (SDA), sumber daya alam buatan (SDAB), dan bidang maritim guna menyiapkan Ruang Alat dan Kondisi (RAK) juang yang tangguh di wilayah maritim guna membantu pemerintah demi tegaknya NKRI”, Ungkap Danlantamal V dalam amanat tersebut.

Dalam latihan ini para peserta akan mendapatkan sejumlah materi pembekalan yaitu Cara Memberi Instruksi (CMI), Komunikasi Sosial, Lima Kemampuan Teritorial, Sikap Teritorial, Bakti TNI, Bintahwil, Pengenalan Saka Bahari, penanggulangan bencana, bahaya narkoba, terorisme, sejarah perjuangan bangsa, Binter terpadu Trimatra, pengetahuan Antropologi Budaya dan Sosiologi. Selain itu juga dilaksanakan praktek aplikasi data center aspek laporan harian.

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 50 peserta baik Bintara maupun Tamtama TNI AL tersebut, direncanakan akan berlangsung sampai dengan 10 Agustus mendatang. Turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini sejumlah pejabat di jajaran Lantamal V diantaranya Para Asisten Danlantamal V, Para Kasatker/Dansatlak Lantamal V, serta pejabat terkait lainnya.(pen/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *