PRAJURIT YONPOM 1 MARINIR BERPARTISIPASI DALAM PENGAMBILAN DATA GIGI ANTEMORTEM

Sengkelatnews.com – Selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono, S.E.,M.M., tentang Sumber Daya Manusia (SDM) Yang Unggul dan Profesional, Prajurit Batalyon Polisi Militer 1 Marinir (Yonpom 1 Mar) Berpartisipasi dalam pengambilan data gigi Antemortem yang diselenggarakan oleh Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) TNI Angkatan Laut R.E. Martadinata Diskesal bertempat di ruang Rekreasi Menbanpur 1 Mar, Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (15/07/2022).

Adapun kegiatan pengambilan data gigi ini Yonpom 1 Mar dipimpin oleh Palakhar Pasipers Yonpom 1 Mar Letda Mar Heriyanto dan sebelum pengambilan data gigi Antemortem ini diawali dengan pengambilan dan pengisian formulir, pemeriksaan antibody, area dental foto, area charting dan dilanjut dengan pengambilan cetak gigi Antemortem.

Pengambilan data gigi antemortem bagi prajurit TNI AL khususnya Yonpom 1 Mar merupakan suatu hak bagi personel, dengan tugas yang penuh risiko, dalam kegiatan operasi militer atau latihan militer bila terdapat korban yang sudah tidak dapat diidentifikasi, maka data gigi antemortem dapat menjadi sumber yang akurat dalam pelaksanaan identifikasi sehingga secara hukum dapat dipertanggung jawabkan secara kedinasan, dan menjadi bentuk penghormatan pemerintah kepada personel yang gugur sebelum diserahkan kepada keluarga.

Sebagai informasi Antemortem adalah pengumpulan riwayat dan data jenazah korban keceleakaan atau bencana. Proses itu masuk dalam proses Disaster Victim Investigasi (DVI) atau proses identifikasi untuk mengungkap identitas jenazah.(penpasmar/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *