PRAJURIT YONMARHANLAN II PADANG IKUTI UPACARA PERINGATAN GUGURNYA PAHLAWAN NASIONAL BAGINDO AZIZ CHAN KE-75

Sengkelatnews.com (Padang). Memperingati hari gugurnya seorang pahlawan nasional Bagindo Azis Chan yang ke-75, Prajurit Yonmarhanlan II Padang ikut serta Pemerintah Kota Padang bersama unsur Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat melaksanakan upacara bendera di Lapangan upacara kantor Walikota Padang, Jl.Bagindo Aziz Chan, Aia Pacah Kota Padang. Selasa (19/07/2022).

PRAJURIT YONMARHANLAN II PADANG IKUTI UPACARA PERINGATAN GUGURNYA PAHLAWAN NASIONAL BAGINDO AZIZ CHAN KE-75

Upacara yang juga diikuti ratusan peserta berasal dari kelompok pemuda dan siswa sekolah itu dipimpin oleh Walikota Padang Hendri Septa. Juga hadir anak dan keluarga almarhum Bagindo Aziz Chan serta para kumpulan pejuang veteran Kota Padang.

Tanggal 19 Juli 1947 merupakan hari bersejarah yang harus kita ingat khususnya masyarakat Kota Padang. Dimana pada tanggal 19 Juli 2022 tepat 75 tahun yang lalu telah terjadi peristiwa heroik, yaitu gugurnya seorang Bagindo Aziz Chan Walikota Padang kedua yang ditembak secara ganas oleh serdadu Belanda.

Pada amanat nya Walikota Padang Hendri Septa,B.Bus.(Acc),M.IB menyampaikan upacara yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini merupakan sebagai bentuk penghargaan kepada almarhum Bagindo Aziz Chan yang banyak berjasa untuk negara ini khususnya Kota Padang, kita tentu ingat perkataan beliau yang sangat terkenal dengan “Langkahi mayat saya dahulu, baru Belanda dapat memperluas wilayahnya”. “Ujar Hendri Septa”.

Sementara itu Danyonmarhanlan II Padang Mayor Marinir Arief Bastian Sanusi Chaniago turut hadir dalam upacara peringatan pahlawan nasional Bagindo Aziz Chan Ke-75, mengatakan kegiatan ini sangat baik selain bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan juga dapat menjadi salah satu contoh bagi para generasi muda tentang makna perjuangan seperti apa yang di lakukan oleh pahlawan Bagindo Aziz Chan kepedulian beliau kepada keamanan masyarakat. Kegiatan ini merupakan bentuk pengaplikasian perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono,S.E.,M.M. dalam menjalin solidaritas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan. ” Ujarnya”.(penpasmar/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *