BENDERA MERAH PUTIH BERKIBAR DI BAWAH LAUT

PULAU YERUSEL PAPUA BARAT – SENGKELATNEWS.COM

Pada kedalaman 6 meter di bawah laut Pulau Yerusel perairan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arar, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Pasmar 3 mengibarkan bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipimpin langsung oleh Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E. Rabu (17/08/2022).

BENDERA MERAH PUTIH BERKIBAR DI BAWAH LAUT

Kegiatan pengibaran bendera merah putih yang dilaksanakan secara serentak oleh jajaran TNI AL di 77 titik di seluruh perairan wilayah Indonesia ini dipancarkan terpusat secara Video Conference (Vicon) dari pulau Putri Kepulauan Seribu yang dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmad Heri Purwono. Sementara Pasmar 3 melaksanakan pengibaran bendera di bawah air di 5 titik yang tersebar meliputi wilayah Ambon, Jayapura , Merauke dan Raja Ampat serta di perairan Pulau Yerusel Kabupaten Sorong yang merupakan titik ke 5.

Upacara di bawah air ini melibatkan 32 penyelam yang terdiri dari personel Pasmar 3 serta instansi kemaritiman di wilayah Sorong, diantaranya adalah Basarnas Sorong, Akademi Perikanan Sorong (Apsor), Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSL), Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Sorong, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Possi) Sorong, dan Professional Association of Diving Instructors (PADI) Sorong.

Sementara itu Komandan Pasmar 3 mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menggelorakan semangat jiwa bahari dan cinta lautan kepada masyarakat Papua khususnya generasi muda, karena pada hakikatnya negara Indonesia adalah negara maritim.

“Semoga dengan event yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan destinasi wisata di Kabupaten Sorong khususnya Pulau Yerusel agar lebih dikenal secara luas oleh masyarakat umum sehingga akan berdampak positif bagi masyarakat di sekitar Pulau Yerusel maupun Pemerintah Daerah,” Pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Pasmar 3 Kolonel Mar Nanang Saefulloh, S.E.,M.M, para Asisten Danpasmar 3, para Dankolak / Satlak Pasmar 3, Kakansar Sorong Amiruddin, AS, Kapolsek Salawati, Pasintel Yonzipur 20/PPA, Ketua Korcab Pasmar 3 serta para pengurus Jalasenastri Korcab Pasmar 3.(pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *