Bhabinkamtibmas Polsek Marga Bersinergi Dengan Babinsa Monitoring Cegah Tangkal Penyebaran PMK

Tabanan, Sengkelatnews.com

Mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Hewan Ternak peliharaan Petani di wilayah hukum Polsek Marga dan sebagai kegiatan imbangan dalam rangka mendukung Ops Bina Waspada Agung 2022 yang saat ini sedang berlangsung . Bhabinkamtibmas Polsek Marga melakukan monitoring dan menghimbau warga untuk Waspada terhadap PMK. Seperti pada hari Sabtu tanggal 20 Agustus 2022 pukul 10 30 Wita para Bhabinkamtibmas ditugaskan melaksanakan edukasi dan pemantauan di wilayah Desa binaannya di kecamatan Marga. Dalam pelaksanaan kegiatan Bhabinkamtibmas bersinergi dengan Babinsa dari Koramil Marga.

Seperti halnya kegiatan anggota Bhabinkamtibmas Desa Payangan, Kecamatan Marga bersama Babibsa yang didampingi Kades dan Kaling (Ketua lingkungan) mendatangi Kandang Sapi milik I Wayan Sugitayasa di Banjar Alas Sandan Desa Payangan melihat langsung kondisi ternak yang sebelumnya dikabarkan tidak mau makan.

Seijin Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H., Kapolsek Marga AKP I Wayan Suta Arcana, S.H., mengatakan bahwa “
Dari pemantauan anggota Bhabinkamtibmas dilapangan ternak sapi milik I Wayan Sugitayasa tidak sesuai dengan ciri-ciri terjangkit PMK, namun demikian kami tetap menghimbau, agar masyarakat tetap waspada, kepada pemilik Sapi supaya selalu memonitor keadaan ternaknya, menjaga serta merawat kebersihan Kandang, memberikan Viramin dan Porsi makannya ditambah juga selalu berkoordinasi dengan Petugas Lapangan UPTD Peternakan untuk upaya pencegahan PMK seperti pemberian obat , suplemen, vaksinasi dan pencegahan lainnya.” Ujar Kapolsek Marga.

“Selain itu anggota Bhabinkamtibmas kami arahkan untuk memberikan himbauan
yang sama kepada para penjual Ternak Kambing dan penjual Sapi agar selalu waspada dan menjaga kebersihan dan kesehatan ternak yang akan dijual serta selalu ada koordinasi denga instansi terkait untuk bersama – sama melakukan pemeriksaan kesehatan ternak. Dan untuk saat agar jangan mendatangkan ternak dari luar Kabupaten Tabanan. Mari kita bersama sama tetap waspada,” Tutup Kapolsek Marga. (Hum/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *