PRAJURIT YONMARHANLAN XI MERAUKE PANEN RAYA PADI

Sengkelatnews.com – Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XI Merauke melaksanakan panen raya padi di Mako Yonmarhanlan XI Jl. Diko 1 Trans Irian Wasur Merauke, Papua Selatan. Sabtu (20/08/2022).

PRAJURIT YONMARHANLAN XI MERAUKE PANEN RAYA PADI

Kegiatan ini merupakan panen kali ketujuh yang dilakukan Yonmarhanlan XI dari hasil olahan sendiri, turut hadir langsung saat pemanenan Danyonmarhanlan XI Mayor Marinir Alfredo Yowel Antaribaba, M.Tr.Opsla, para Perwira beserta anggota Yonmarhanlan Xl.

“Ini merupakan panen yang ketujuh kalinya di atas lahan seluas kurang lebih 2 hektar,” terang Danyonmarhanlan XI Mayor Marinir Alfredo Yowel Antaribaba, M.Tr.,Opsla, dalam rilisnya.

Danyomarhanlan XI menjelaskan, sebelumnya lahan tersebut hanya ditumbuhi semak belukar serta ilalang, lalu dirubah oleh prajurit Yonmarhanlan XI menjadi lahan produktif berupa sawah yang dikelola prajurit Yonmarhanlan XI Serda Marinir Kasdi dengan ditanami bibit padi berjenis Basmati.

Menurutnya, Beras basmati selama ini dikenal sebagai beras aromatik asal India yang memiliki tekstur khas dan hanya bisa dibudidayakan di dataran tinggi, dari lahan 2 hektar yang ditanami padi menghasilkan 2,4 ton padi dan dijemur dibawah terik matahari sekitar 2 minggu, padi sudah bisa di giling sehingga menghasilkan kurang lebih 1,2 ton beras.

Danyonmarhanlan XI menyampaikan bahwa inisiatif mengolah lahan tersebut merupakan ide prajurit Yonmarhanlan XI, dari pada membuang tenaga untuk membersihkan semak belukar setiap minggu, alangkah baiknya ditanami padi dan tanaman Hortikultura lainnya.

“Kegiatan ini sangat baik karena mendukung program dari pemerintah dalam bidang ketahanan pangan. Beras yang kita hasilkan bisa untuk dikonsumsi prajurit Yonmarhanlan XI dan Keluarga, bahkan Koperasi Yonmarhanlan XI juga menjual beras dari hasil panen ke masyarakat sekitar yang bekerja sama dengan kelompok tani dari Wasur,” Pungkasnya.(pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *