GERAKAN NASIONAL LAUT BERSIH MENGEDUKASI MASYARAKAT KOTA SORONG

Sengkelatnews.com – Dalam rangka memperingati HUT Ke – 77 TNI Angkatan Laut serta meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kebersihan laut dan pantai, Pasmar 3 menggelar kegiatan “Gerakan Nasional Laut Bersih” (Gernaslasih) bertempat di Pantai Suprau, Distrik Maladumes, Kota Sorong, Papua Barat. Rabu (07/09/2022).

GERAKAN NASIONAL LAUT BERSIH MENGEDUKASI MASYARAKAT KOTA SORONG


Gerakan Nasional Laut Bersih yang ditandai dengan kegiatan bersih-bersih laut dan pantai dilaksanakan secara serentak di 77 titik wilayah kerja TNI Angkatan Laut dari Sabang sampai Merauke. Kegiatan ini diikuti oleh 539 personel yang terdiri dari instansi TNI-Polri, Basarnas, Taruna Poltek Kelautan dan Perikanan Sorong, Mahasiswa Unima, Pelajar SMA/SMK wilayah Sorong serta masyarakat sekitar Pantai Suprau.

Bersamaan dengan Gernaslasih ini, juga dilaksanakan Video Confrence (Vicon) yang dipusatkan di Tanjung Priok Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta yang dibuka secara langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan dengan didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E., dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa, kegiatan bersih-bersih laut dan pantai merupakan sebuah proses edukasi bagi seluruh masyarakat Kota Sorong, bahwa penting untuk terus menjaga keberlangsungan ekosistem di laut dan pantai, karena dibutuhkan waktu lama bagi bakteri untuk mengurai sampah yang mengandung plastik.

Hasil pengambilan sampah organik dan non organik di sepanjang bibir pantai maupun di laut diperkirakan mencapai 4 ton. Selanjutnya sampah-sampah yang terkumpul didistribusikan ke Bank Sampah maupun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sorong untuk didaur ulang, setelah sebelumnya dilaksanakan penimbangan dan dilaporkan ke panitia pusat di Jakarta.) pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *