Prajurit Batalyon Kapa 1 Mar Laksanakan Tes Samapta Jelang UKP

Sengkelatnews.com (Jakarta). Dalam rangka Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) periode April 2023 prajurit Batalyon Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri 1 Marinir ( Yon Kapa 1 Mar) mengikuti tes kesamaptaan yang bertempat di Lapangan Brigif 1 Mar Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (29/09/2022).

Prajurit Batalyon Kapa 1 Mar Laksanakan Tes Samapta Jelang UKP


Kegiatan samapta merupakan pengembangan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., tentang membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan profesional dalam bidang olahraga, tes kesamaptaan ini ditujukan terhadap personel Perwira, Bintara dan Tamtama yang akan mengikuti Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) serta samapta rutin.

Adapun materi yang diujikan dalam tes kesamaptaan terdiri dari baterai A yaitu lari 12 menit dan baterai B yaitu pull up, sit up dan push up dan shutle run serta baterai C yaitu renang 50 meter, sebelum kegiatan tersebut dimulai tidak lupa tim kesehatan melaksanakan pemeriksaan kondisi kesehatan personil yang akan melaksanakan tes kesamaptaan antara lain pengecekan tekanan darah (tensi), dan pengecekan suhu tubuh.

Komandan Batalyon Kapa 1 Marinir Letkol Marinir Nana Widiyanto, M.Tr.Opsla., mengatakan bahwa uji kesamaptaan tersebut selain untuk persyaratan usulan kenaikan pangkat juga sebagai sarana untuk mengetahui tingkat kemampuan jasmani serta stamina masing-masing prajurit, disamping itu tes kesamaptaan juga dilaksanakan secara rutin sehingga tetap terjaga kebugaran dan kesehatan prajurit. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *