Bersama Forkopimda Pangkalan TNI AL Yogyakarta Sambut Tim Ekspedisi Maritim

Sengkelatnews.com Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, S.H., M.M., CHRMP bersama jajaran Forkopimda Kota Yogyakarta menyambut kedatangan tim Ekspedisi Maritim kerjasama TNI AL dan PT Tempo yang dipimpin oleh Sekdispenal Kolonel Laut (P) Antonius M., beserta rombongan bertempat di Aula Mako Lanal Yogyakarta Jl. Melati Wetan No. 62 Baciro Yogyakarta. Selasa (4/10/2022).

Bersama Forkopimda Pangkalan TNI AL Yogyakarta Sambut Tim Ekspedisi Maritim


Kedatangan Tim Ekspedisi Maritim di wilayah kerja Lanal Yogyakarta antara lain untuk mengunjungi Wisata Candi Borobudur dan Pantai Parangtritis Bantul. Sedangkan misi dari Ekspedisi ini adalah “Jelajahi Kejayaan Maritim Nusantara”.

Setibanya di Mako Lanal Yogyakarta Tim Ekspedisi Maritim diterima dengan hangat oleh Komandan Lanal Yogyakarta beserta perwira staf Lanal Yogyakarta dan jajaran Forkompimda Kota Yogyakarta dan perwakilan Forkompimda Kab. Bantul.

Komandan Lanal Yogyakarta menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang serta rasa bangga kepada Tim Ekspedisi Maritim yang merupakan kerjasama antara TNI AL dan PT. Tempo yang berkenan menjadikan wilayah kerja Lanal Yogyakarta sebagai bagian dari tempat kunjungan Tim Ekspedisi Maritim.

Sementara itu Ketua Tim Ekspedisi Maritim Kolonel Laut (P) Antonius M. menyampaikan bahwa tujuan Ekspedisi Maritim antara lain untuk menggugah kembali kesadaran masyarakat sebagai bangsa maritim, kita ketahui bahwa sejak dahulu bangsa Indonesia adalah bangsa maritim, mulai dari jaman Kerajaan Kutai, Kerajaan Sriwijaya sampai dengan Kerajaan Majapahit yang melakukan ekspedisi sampai ke Madagaskar dan Afrika Selatan hanya dengan menggunakan kapal layar, ” imbuh Sekdispenal”.

Kegiatan Ekspedisi Maritim yang dilepas oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dermaga Kolinlamil Jakarta pada tanggal 22 September 2022 menggunakan KRI Dewaruci dengan tujuan Cirebon, selanjutnya menempuh perjalanan darat dengan tujuan Tegal, Semarang, Surabaya, Pacitan, Yogyakarta, Cilacap dan terakhir Pengangaran, bertujuan mendokumentasikan dan mempublikasikan sejarah maritim, TNI AL, potensi maritim dan wisata maritim di Pulau Jawa. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *