Yonbekpal Gelar Tradisi Upacara Kenkat Serta Wisuda Purna

Sengkelatnews.com Prajurit Batalyon Perbekalan dan Peralatan 1 Marinir (Yonbekpal 1 Mar) melaksanakan upacara kenaikan pangkat Perwira, Bintara dan Tamtama periode 1 Oktober 2022 serta wisuda purna tugas prajurit Turangga Cakti di depan Markas Komando Yonbekpal 1 Mar Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan. Jumat (07/10/2022).

Yonbekpal Gelar Tradisi Upacara Kenkat Serta Wisuda Purna


Kegiatan ini diawali dengan olahraga bersama Prajurit Turangga Cakti dangan Jalasenastri Ranting C Cabang 4 Korcab Pasmar 1 yaitu dengan melaksanakan senam SKJ dan dilanjutkan dengan jalan sehat mengelilingi Mako Yonbekpal 1 Mar. Dalam sela sela kegiatan tersebut juga dilaksanakan Pertemuan Rutin dan arisan Jalasenastri yang dipimpin oleh ketua Ranting C Cabang 4 Korcab Pasmar 1 Ny. Renny Budi Cahyono.

Yonbekpal Gelar Tradisi Upacara Kenkat Serta Wisuda Purna


Selanjutnya Wisuda Purna tugas digelar yang bertujuan untuk memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada prajurit yang telah selesai melaksanakan tugas pengabdiannya di lingkungan TNI Angkatan Laut, Korps Marinir khususnya di Batalyon Bekpal 1 Marinir. Pada acara tersebut Danyon Bekpal 1 Marinir Letkol Marinir Budi Cahyono, M. Tr. Opsla., melepas 4 orang prajurit terbaiknya yaitu Peltu Mar Darsono, Peltu Mar Gatot Sunarto, Pelda Mar Yusman dan Pelda Mar Sugeng waluyo. Dalam acara tersebut Danyon Bekpal 1 Marinir memberikan kenang-kenangan plakat dan piagam penghargaan serta dilanjutkan dengan mengiringkan keempat purnawirawan tersebut melintasi lorong prajurit di depan patung Turangga Cakti sebagai penghormatan dan perpisahan.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan upacara kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi personel Yonbekpal 1 Mar yang berjumlah 31 Personel diantaranya 3 Perwira, 1 Bintara dan 27 Tamtama. Para prajurit yang naik pangkat secara langsung didampingi istrinya atau ibu Jalasenastri. Tampak raut wajah kegembiraan terlihat pada para istri prajurit manakala diberikan kesempatan untuk menyiraman air bunga setaman kepada suaminya yang naik pangkat dengan maksud untuk membersihkan hati agar semakin dewasa dan lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas. Sebagai penghargaan kepada prajurit, Komandan juga turut serta menyematkan pangkat kepada perwakilan prajurit Bintara dan Tamtama.

Dalam sambutannya Letkol Marinir Budi Cahyono, M.Tr. Opsla menyampaikan bahwasanya naik pangkat itu bukan sebuah hadiah akan tetapi kenaikan pangkat itu sebuah perjuangan kita sebagai prajurit, tidak ada kenaikan pangkat itu tanpa sebuah perjuangan, jaga pangkat kalian, jaga kinerja kalian semoga pangkat yang sudah didapatkan menjadi barokah bagi kita semua dan keluarga.

“Kepada prajurit yang melaksanakan purna bakti, ini bukanlah akhir untuk mengabdi kepada negara. Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi dan pengabdiannya sebagai prajurit TNI Angkatan Laut dan senan tiasa menjaga kesehatan serta kondisi fisik seperti saat masih melaksanakan dinas,” imbuhnya. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *