Prajurit Rata Yudha Bhakti Turut Serta Lestarikan Budaya Seni Wayang

Sengkelatnews.com lam rangka memperingati Hari Dharma Samudera sekaligus melestarikan budaya kesenian wayang orang sebagai Kesenian Tradisional Indonesia Prajurit “Rata Yudha Bhakti” (Yonangmor 1 Mar) ikuti serta dalam latihan wayang orang yang diselenggarakan di Gedung Olah Raga (GOR) Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur.(19/12)

Prajurit Rata Yudha Bhakti Turut Serta Lestarikan Budaya Seni Wayang



Seni pertunjukan wayang orang dikenal juga dengan nama wayang wong dalam bahsa Jawa, dalam latihan wayang orang perwakilan dari Prajurit Menbanpur 1 Marinir sebanyak 20 orang dipimpin langsung oleh Letda Marinir Dhanang Restu Mahargono yang kesehariannya menjabat sebagai Danton Kompi B Yonangmor 1 Mar.

Pertunjukan wayang orang tersebut didukung oleh Laskar Indonesia Pusaka (LIP) dan kepala dinas kebudayaan DKI Jakarta yang rencananya akan dilaksanakan di Teater Taman Ismail Marzuki Jakarta, Kamis, 15 Januari 2023 mendatang dan akan melibatkan Perwira Tinggi (Pati) dan Prajurit TNI AL, para purnawirawan, tokoh-tokoh pecinta wayang orang, karena tidak dimainkan oleh para seniman profesional, tetapi rata rata diperankan oleh para pejabat dan prajurit TNI Angkatan Laut sendiri.

Kegiatan ini selaras dengan fisi misi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono., S.E.,M.M., yang senantiasa menanamkan semangat dan nilai-nilai Pancasila seperti yang tersirat dalam lakon heroik Pandowo Boyong, ini bukti bahwa TNI Angkatan Laut tidak main-main dalam mengambil peran aktif melestarikan kesenian wayang orang.

Di tempat yang berbeda Komandan Batalyon Angkutan Bermotor 1 Marinir (Danyonangmor 1 Mar) Letnan Kolonel Marinir Edo Sidharta Halilintar, M. Tr. Opsla., Bepesan “Latihan dengan serius, bersungguh-sungguh dan tampilkan yang terbaik untuk menjaga kelestarian budaya asli nusantara kita,” Ungkap Danyonangmor 1 Mar. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *