PERTAHANKAN DAERAH PANTAI, PRAJURIT YONMARHANLAN X LAKSANAKAN APEL GELAR DAN LATIHAN OPERASI PERTAHANAN PANTAI

Sengkelatnews.com Guna meningkatkan profesionalisme prajurit dibidang Pertahanan Pantai, Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) X Jayapura Pasmar 3 melaksanakan Apel Gelar Pasukan dan Material serta Latihan Operasi Pertahanan Pantai yang bertempat di Lapangan Apel Lantamal X dan Pantai Skouw Sae, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.(22/12)

PERTAHANKAN DAERAH PANTAI, PRAJURIT YONMARHANLAN X LAKSANAKAN APEL GELAR DAN LATIHAN OPERASI PERTAHANAN PANTAI


Operasi Pertahanan Pantai merupakan suatu operasi gabungan dalam rangka menggagalkan operasi amfibi musuh di daerah pantai. Sebelum dilaksanakannya latihan operasi, terlebih dahulu dilaksanakan Gladi Posko dan Tactical Floor Game (TFG) yang bertujuan menyamakan pola pikir dan pola tindak dalam pelaksanaan operasi pertahanan pantai.

Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) X Jayapura Pasmar 3 Letkol Marinir Fachrul Ahmadi, S.H., M.Tr.Opsla selaku Komandan Satuan Satgas Darat (Dansatgasrat) menyampaikan bahwa Operasi Pertahanan Pantai merupakan salah satu operasi yang sangat penting dalam penyelenggaraan pertahanan negara. Operasi ini adalah operasi tempur yang dilaksanakan dalam bentuk operasi gabungan pada suatu komando tugas gabungan pertahanan pantai. Sehingga dalam pelaksanaan dapat terorganisir secara integratif dari semua satuan yang tergabung dalam suatu komando gabungan yang dibentuk.
Daerah operasi pertahanan pantai ditentukan berdasarkan oleh pertimbangan-pertimbangan, antara lain arah datangnya serangan amfibi musuh.

“Kepada seluruh prajurit agar mendalami rencana latihan untuk memahami fungsi dan tugas setiap pelaku serta memperhatikan keamanan latihan dengan mengikuti semua prosedur yang telah ditetapkan. Laksanakan tahapan latihan dengan sungguh-sungguh dan semangat”, tambahnya. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *