KENANG PERTEMPURAN LAUT ARAFURU (ARU) PERAJURIT YONMARHANLAN I LAKSANAKAN ZIARAH ROMBONGAN

Sengkelatnews.com Mengenang pertempuran laut Arafuru (Aru) yang di sebut sebagai Hari Dharma Samudera,diperingati setiap tanggal 15 Januari Oleh satuan TNI AL,Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I Belawan mengikuti ziarah rombongan yang digelar oleh jajaran Lantamal I di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Barisan Jl. Sisingamangaraja, Medan.(13/1)

KENANG PERTEMPURAN LAUT ARAFURU (ARU) PERAJURIT YONMARHANLAN I LAKSANAKAN ZIARAH ROMBONGAN


Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo bertindak selaku Inspektur Upacara dalam acara ziarah rombongan ini.

Rangkaian kegiatan ziarah rombongan diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpinan oleh Pimpinan ziarah rombongan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, doa serta ditutup dengan pelaksanaan tabur bunga dipusara makam para pahlawan yang diawali oleh pimpinan ziarah diikuti seluruh peserta ziarah.

Komandan Lantamal I yang didampingi Ketua Korcab I DJA I mengatakan bahwa,” ziarah rombongan keluarga besar Lantamal I dan Yonmarhanlan I Belawan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera yang jatuh pada tanggal 15 Januari 2023,ziarah ini dilakukan selain untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan republik Indonesia,juga untuk memanjatkan doa bagi para pahlawan kita yang telah gugur demi membela tanah air,serta kegiatan ini juga sebagai tradisi yang harus di ingat guna memotivasi semangat Perajurit TNI AL untuk membangun terus kekuatan perang Tentara Nasional Indonesia .

Hari Dharma Samudera diperingati untuk mengenang pertempuran yang terjadi di Laut Arafuru (Aru) pada tanggal 15 Januari 1962 antara Tentara Nasional Indonesia melawan Belanda untuk pembebasan Irian barat kini Papua barat. Peristiwa bersejarah tersebut memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia,” pungkas Danlantamal I.

Turut hadir dalam ziarah rombongan tersebut Wadanlantamal I, PJU Lantamal I, Kadis/Kasatker Lantamal I, Danyonmarhanlan I diwakili, Perwira, Bintara dan ASN Lantamal I dan prajurit Yonmarhanlan I Belawan, para pengurus Korcab I DJA I. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *