PRAJURIT ELANG LAUT YONMARHANLAN II IKUTI UPACARA PERINGATAN HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2023

Sengkelatnews.com Segenap prajurit Elang Laut Yonmarhanlan II mengikuti upacara peringatan hari Dharma Samudera Tahun 2023 yang dilaksanakan dilapangan apel Mako Lantamal II Padang. Jl Bukit Peti-Peti, Teluk Bayur, Kota Padang, Sumatera Barat.(16/1)

PRAJURIT ELANG LAUT YONMARHANLAN II IKUTI UPACARA PERINGATAN HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2023


Upacara yang berlangsung dengan hikmat ini dipimpin oleh Aspers Lantamal II Padang Kolonel Laut (KH) Abdul Majid,S.H. dan di ikuti oleh personel gabungan Lantamal II. Sebelum upacara terlebih dahulu diawali dengan apel gabungan Lantamal II, serta penaikan bendera merah putih dan dilanjutkan dengan rangkaian upacara.

Hari Dharma Samudera diperingati setiap tanggal 15 Januari setiap tahunnya. Peringatan ini ditujukan untuk memperingati peristiwa heroik yaitu Pertempuran Laut Aru antara Tentara Indonesia dengan Belanda untuk membebaskan Irian Barat pada tanggal 15 Januari 1962 di Perairan Maluku.

Perang ini terjadi dikarenakan Belanda melanggar perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB) dan tidak mau menyerahkan Irian Barat ke Indonesia. Hal itu membuat Indonesia mulai melancarkan operasi senyap atau operasi rahasia dengan mengirimkan pasukan ke Irian.


Pada kesempatan ini Danyonmarhanlan II Padang Letkol Marinir Dadang Widyanto, M.Tr.Opsla Menyampaikan Diharapkan melalui upacara peringatan Hari Dharma Samudera penghormatan dan penghargaan kita semua atas jasa dan pengorbanan para pahlawan samudera dapat terpelihara. Di samping itu, peringatan ini hendaknya dijadikan momentum untuk membangkitkan kembali tekad dan semangat kita agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan. “Ujarnya”. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *