PRAJURIT YONMARHANLAN IV MELAKSANAKAN KEGIATAN KOMUNIKASI SOSIAL WIRAUSAHA TRIPANG DIWILAYAH BATAM

Sengkelatnews.com Personel dari Staf 1 Yonmarhanlan IV Batam melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) terhadap salah satu masyarakat yang berprofesi sebagai wirausaha pengolahan dan eksportir Teripang/ Gamat. Di Perumahan Baloi Paradse Kota Batam.(22/2)

PRAJURIT YONMARHANLAN IV MELAKSANAKAN KEGIATAN KOMUNIKASI SOSIAL WIRAUSAHA TRIPANG DIWILAYAH BATAM



Teripang,Timun laut, atau Gamat adalah istilah yang diberikan untuk hewan invertebrata Holothuroidea yang dapat di makan. Binatang ini tersebar luas di lingkungan laut di seluruh dunia, mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam terutama di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat. selain untuk di konsumsi juga bisa dibuat bahan baku obat-obatan ataupun kecantikan.

Tujuan daripada Komsos yang dilakukan oleh Staf Intel Yonmarhanlan IV Batam ini sebagai sarana mempererat hubungan antara TNI dan Masyarakat, juga sebagai sarana menyampaikan informasi maupun himbauan kepada masyarakat, serta untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan. Dan hal tersebut juga termasuk dalam pembinaan potensi Maritim yang ada di wilayah Indonesia.

Teripang/ Gamat yang di olah dan kemudian di ekspor tersebut didatangkan dari berbagai wilayah kelautan di seluruh Indonesia. Diantaranya seperti Papua, Kalimantan, Surabaya, Sumatera dll. Untuk kategori ekspor sendiri ada 2 jenis yakni gamat kering dan gamat siap masak atau yang sudah di olah dan siap untuk di masak atau di konsumsi. Sementara ini Negara untuk tujuan ekspor adalah Singapura dan China.

Komandan Yonmarhanlan IV Batam Mayor Marinir Irfan Bhatara, S.T menyampaikan bahwa kegiatan Komunikasi Sosial ini atau yang sering disebut sebagai Komsos. merupakan bagian dari metode pembinaan teritorial yang memiliki tujuan memelihara komunikasi dan silahturahmi TNI dengan Masyarakat setempat guna menghasilkan berbagai pemikiran yang solutif dan inovatif dalam rangka akselerasi atau membantu meningkatkan serta pemulihan ekonomi rakyat. Melalui pelaksanaan Komsos secara rutin keberadaan Marinir juga dapat diterima dan berdampak positif di masyarakat. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *