Tim Special Force Quick Response (SFQR) Pangkalan TNI AL Tahuna Tertibkan Barang Ilegal

Sengkelatnews.com Jajaran Koarmada II melalui Tim Special Force Quick Response (SFQR) Pangkalan TNI AL (Lanal) Tahuna berhasil mengamankan dan menertibkan barang ilegal berupa skincare merk Brilliant Skin, bertempat di Pelabuhan Nusantara Tahuna. Jumat (12/03).

Tim Special Force Quick Response (SFQR) Pangkalan TNI AL Tahuna Tertibkan Barang Ilegal


Barang ilegal tersebut didatangkan dari Filipina, menggunakan kapal Pumpboad dan masuk ke Tahuna melalui Pesisir Utara Kab. Sangihe. Rencananya skincare merk Brilliant Skin akan dikirimkan ke Manado, melalui KM. Barcelona IIIA.

Sebanyak 13 kardus ditemukan secara terpisah, yakni di Deck 3 dan Deck 2 kapal, dengan rincian 1.300 Kojic Acid Soap 135 gr, 1.300 Rejuvenating Toner 60 gr, 1.300 Sun Screen Cream 10 gr, 1.300 Facial Cream 10 gr dengan total keseluruhan berjumlah 5.200.

Komandan Lanal Tahuna Kolonel Laut (P) M. Bayu Pranoto, S.H., M.Tr.(Hanla), M.M., CTMP., menyampaikan bahwa untuk saat ini barang-barang tersebut diamankan di Mako Lanal Tahuna, guna pemeriksaan lebih lanjut.

“Skincare merk Brilliant Skin dianggap berbahaya, karena memiliki kandungan bahan asam retinoat dan hidroquinon yang justru bisa merusak kulit, sehingga hal inilah yang membuat BPOM menarik izin dan dilarang peredarannya.”

“Lanal Tahuna akan melaksanakan koordinasi lebih lanjut dengan instansi terkait, perihal penanganan hukum pelaku dan pengamanan barang tersebut,” ujar Danlanal Tahuna. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *