PRAJURIT YONPOM 1 MARINIR LAKSANAKAN LATIHAN PENGURUSAN TAWANAN PERANG

Sengkelatnews.com Prajurit Batalyon Polisi Militer 1 Marinir melaksanakan LSD 1 TW II Tahun 2023 dengan materi pengurusan tawanan perang (RUSTAPER) yang dilaksanakan di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. (7/6)

PRAJURIT YONPOM 1 MARINIR LAKSANAKAN LATIHAN PENGURUSAN TAWANAN PERANG


Latihan diawali dengan brefing kepada peserta latihan, tentang Operasi Satuan Tugas dalam Operasi Rustaper oleh Palaklat Letda Mar Deni Dahlan kemudian diberikan arahan dan petunjuk teknis tentang pelaksanan latihan di lapangan.

Rustaper merupakan salah satu tugas pokok Prajurit Batalyon Polisi Militer 1 Marinir dalam mendukung Operasi Amfibi. Di simulasikan apabila satuan infanteri yang berada di garis depan mendapatkan tawanan perang dan meminta kepada Danton Pom untuk mengambil tawanan perang. Selanjutnya Danton Pom memerintahkan satu Regu Pom untuk berangkat mengambil tawanan perang sesuai dengan koordinat yang telah ditentukan. Selanjutnya Danru Pom membawa tawanan menuju ke posko Ton Pom untuk menjalani prosesing yang meliputi : penerimaan, interogasi, foto dan cuci cetak, sidik jari, pencatatan hingga ditempatkan didalam bilik penggolongan, sesuai klasifikasi tawanan perang, dengan berpedoman pada hukum Humaniter.

Komandan Batalyon Polisi Militer 1 Marinir Letkol Laut (PM) Triono Adu Susilo, M.Tr.Hanla.,M.M., Selaku Pimlat menyampaikan arahan bahwa pengurusan tawanan perang merupakan salah satu tugas pokok prajurit Batalyon Polisi Militer 1 Marinir dalam mendukung operasi militer perang, dengan tujuan agar prajurit Batalyon Polisi Militer 1 Marinir mampu dan memahami tugas fungsi Yonpom 1 Mar. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *