Dankodiklatal Hadiri Upacara Tupdik dan Wisuda Sarjana Taruna AAL Angkatan Ke-68

Sengkelatnews.com Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono, didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Etta Suhartono, turut hadir dalam momen penting yakni Upacara Penutupan Pendidikan (Tupdik) dan Wisuda Sarjana Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Angkatan ke-68 yang digelar di Gedung Maspardi AAL Bumimoro Surabaya, Rabu (12/7/2023).

Dankodiklatal Hadiri Upacara Tupdik dan Wisuda Sarjana Taruna AAL Angkatan Ke-68


Upacara Tupdik dan Wisuda Sarjana Taruna AAL Tingkat IV Angkatan ke-68 dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali. Sementara itu tercatat 94 Taruna dan Taruni Angkatan ke-68 dinyatakan lulus usai menempuh Pendidikan Pertama Militer di Kawah Candradimuka AAL selama 4 tahun. Mereka terdiri dari 32 Taruna Korps Pelaut, 12 Taruna Korps Teknik, 13 Taruna Korps Elektro, 15 Taruna Korps Suplai, dan 22 Taruna Korps Marinir.

Dalam amanatnya Kasal menyampaikan jika pendidikan pertama dengan metode pengajaran pelatihan dan pengasuhan, merupakan pondasi penting guna membentuk karakter Para Prajurit Jalasena dalam meningkatkan Wawasan Mental Kejuangan serta Kepribadian yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan tugas-tugas di masa mendatang.

Lebih lanjut Kasal menegaskan, memasuki penugasan di jajaran satuan operasional baik di KRI maupun di Tengah Pasukan Batalyon Marinir, Perwira Muda harus mampu beradaptasi dengan lingkungan-lingkungan yang baru. “Harus terus berlatih dan belajar meningkatkan kemampuan serta menerapkan semua bekal dan pengetahuan yang telah kalian terima di lembaga pendidikan ini secara tepat dan baik seiring dengan selesainya rangkaian kegiatan pendidikan di Akademi Angkatan Laut ini,” tegas orang nomor satu di TNI AL tersebut.

Pada kesempatan tersebut Kasal juga mengucapkan selamat kepada Para Taruna Angkatan ke-68 yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan dan meraih gelar Sarjana Terapan Pertahanan sesuai Program Studi masing-masing, dan ucapan secara khusus kepada Taruna peraih prestasi Adhi Makayasa yakni Sermatutar (P) Hermawan Burhanudin Tri Putro, dan peraih Adhi Pratama Karya yakni Sermatutar (S) Audrey Belinda Indria.

Menurut agenda pada tanggal 26 Juli 2023 mendatang, para Taruna akan dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo dalam Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri di Istana Negara Jakarta. Bersama seluruh rekan satu angkatan dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara, dan Akademi Kepolisian, mereka akan resmi menjadi perwira TNI dengan pangkat Letnan Dua dan untuk Taruna Akpol dengan pangkat Inspektur Dua.(pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *