Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono : Pendidikan Perwira Merupakan Investasi Jangka Panjang Untuk Kemajuan TNI AL Di Masa Mendatang

Sengkelatnews.com Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono resmi buka Program Pendidikan Dasar Golongan bagi Perwira Siswa (Pasis) lulusan Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI Angkatan Laut Angkatan ke-30 TA 2023, serta Pasis Pendidikan Transisi Matra Laut Sekolah Penerbang TNI PSDP TA 2023 dalam upacara pembukaan yang berlangsung di Gedung R.E. Martadinata Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin (21/8/2023).

Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono : Pendidikan Perwira Merupakan Investasi Jangka Panjang Untuk Kemajuan TNI AL Di Masa Mendatang


Menurut orang nomor satu di jajaran Kodiklatal ini, Pendidikan Perwira merupakan investasi jangka panjang yang akan menentukan kelangsungan dan kemajuan organisasi TNI Angkatan Laut dimasa mendatang. “Pendidikan perwira yang Saudara jalani sekarang, merupakan salah satu proses pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL menuju organisasi yang Profesional, Modern dan Tangguh,” terang Dankodiklatal.

Lebih jauh Dankodiklatal menyampaikan, sasaran output dari Dikmapa adalah terwujudnya SDM Perwira Jalasena yang memiliki Kemampuan Profesi, Kepemimpinan dan Kesamaptaan Jasmani Prajurit Matra Laut yang mampu berpikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan tuntutan fungsi teknis yang diarahkan pada spektrum pekerjaan di kapal maupun di pendirat.

“Sedangkan sasaran Pendidikan PSDP Penerbang adalah terwujudnya SDM Perwira Penerbang TNI AL yang memiliki Pengetahuan Taktik dan Teknis Penerbangan laut, mampu menerbangkan pesawat udara yang dimiliki TNI AL, serta Memiliki Kesamaptaan Jasmani dan Kejuangan untuk dapat bertindak tepat dan selaras dalam tugas-tugas penerbangan TNI AL,” ujar mantan Komandan Paspampres tersebut.

Tercatat 136 orang Perwira Siswa Dikmapa PK TNI AL Angkatan XXX, dan 20 orang Perwira Siswa Pendidikan Transisi Matra Laut Sekbang TNI PSDP TA 2023, mengikuti pendidikan yang terbagi dalam dua tahap. Pertama selama 1,5 bulan Pasis seluruhnya mengikuti Pendidikan Tahap Dasar Golongan di Sefung Pusdiklapa.

Tahap kedua, yaitu tahap Dasar Golongan Lanjutan, untuk Dikmapa akan melanjutkan di Pusdik-Pusdik sesuai Korps masing-masing selama 4 sampai dengan 6 bulan. Sedangkan untuk pasis PSDP Penerbang, akan melanjutkan pendidikan di Sekolah Penerbangan TNI AL di Pusdiksus selama 4 bulan.

Kepada seluruh siswa Dankodiklatal menegaskan agar segera mematuhi aturan yang berlaku di Kodiklatal. “Segera menyesuaikan diri dengan PDD Khas TNI AL yang berlaku bagi siswa Kodiklatal dengan melaksanakan semua norma, peraturan, tata tertib, dan petunjuk dari para Bingsis dan Pelatih dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi,” tegas Letjen TNI Marinir Suhartono .(pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *