Kapolres Buka Lat Praops Bina Waspada Agung

Sengkelatnews.com Bertempat di Aula Wisnu Hartono Polres Tabanan, Selasa ( 29/8/2023 ) pukul 09.00 wita berlangsung giat Upacara Pembukaan Pelatihan Pra Operasi Bina Waspada Agung – 2023 dalam rangka Harkamtibmas menjelang Demokrasi Pemilu 2024 demi terciptanya Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat yang Kondusif di Daerah Hukum Polres Tabanan yang di Pimpin oleh Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes., S.H, S.I.K., M.H.

Giiat Latpra ops Bina Waspada Agung dihadiri oleh Waka Polres Tabanan Kompol Yoga Widyatmoko, S.I.K, Kabagops Polres Tabanan Kompol I Nyoman Sukadana., S.H., M.H, Kasat Intelkam Polres Tabanan AKP I Nyoman Sumantara, S.H.,M.H, Kasat Binmas Polres Tabanan AKP I Nengah Widia., S.H M.H., Kasi Humas, Personel Polres Tabanan yang terlibat Sprin Latpraops sebanyak 23 orang.

Adapun Susunan Acara yaitu, Laporan Perwira Upacara kepada Inspektur Upacara, nspektur Upacara memasuki ruangan Pelatihan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya,.Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, Penyematan tanda peserta latihan dan Pembacaan Laporan singkat pembukaan pelatihan.

Adapun Arahan Kapolres pada intinya menyampaikan Marilah Kita Memanjatkan Puja Dan Puji Syukur Kehadapan Tuhan (Ida Sanghyang Widhi Wasa) Karena Berkatnya Hari Ini Kita Masih Diberikan Kesehatan. Untuk Dapat Melaksanakan Latpraops Bina Waspada Agung-2023 Dalam rangka meningkatkan harkamtibmas menjelang Pesta Demokrasi Pada Pemilu 2024 Demi Terciptakan Situasi Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat Yang Aman Kondusif”.
Pelaksanaan Latpraops Bina Waspada Agung – 2023 Di Polres Tabanan Dilaksanakan Selama 1 Hari, Dan Pelaksanaan Operasinya Nanti Berjalan selama 12 hari dimulai tanggal 30 agustus 2023 s/d 10 september 2023, melibatkan sebanyak 23 personil Polres Tabanan Yang Terseprin, menggunakan anggaran diva Polres Tabanan Tahun 2023.
Adapun Target Operasi (TO) Bina Waspada Agung 2023 ini adalah orang dan tempat, dengan 3 sasaran yaitu potensi gangguan (pg) seperti di jalan umum (terkait pemasasangan spanduk pamplet atau foto foto tokoh politik sebelum masa kampanye), ambang gangguan (ag) seperti kegiatan sosial para pendukung, dan juga gangguan nyata (gn) seperti adanya gesekan fisik antar pendukung caleg/partai maupun gejala adanya pok masyarakat yang memikliki niat untuk menggagalkan Pelaksanaan Pemilu 2024.
Disamping itu hendaknya juga operasi yang dilaksanakan kali ini dapat mengemban amanat commander wish kapoda bali yang ke 10 yaitu mewujudkan polda bali yang presisi & hebati (humanis, edukatif. bermoral. anti kkn dan teladan). hal itu akan dapat terlaksana bila seluruh personil polri khususnya personil polri polres tabanan melakukannya dengan terus dapat berkoordinasi & bersinergi dengan steakholder (tni, unsur pemerintah daerah, dan juga para tokoh – tokoh lintas sektoral dimasyarakat), sehingga setiap individu masyarakat maupun kelompok masyarakat dapat ikut menyukseskan operasi yang dilaksanakan oleh polri.

Ditambahkan oleh Bapak Kapolres perbadingan hasil operasi yang dilaksanakan pada tahun-tahun lalu, dimana, Tahun 2021 Target Operasi Sebanyak 120 Giat. Dapat Dicapai 130 Giat (120 %) sedangkan Tahun 2022 Target Operasi Sebanyak 120 Giat, Dapat Tercapai 136 Giat (135 %); Dan Berharap Operasi̇ Ditahun 2023 Ini hasilnyapun lebih dapat ditingkatkan lagi, yang perlu diwaspadai bahwa ajang pesta demokrasi sangat rentan dengan intrik-intrik politik yang akan dapat menjerumuskan anggota| dilapangan, bila anggota tidak paham dan tidak jeli akan adanya hal itu, dan untuk itu saya perintahkan kepada semua anggota polres tabanan, untuk tidak ikut melakukan politik praktis atau berniat mendukung salah satu personal politik maupun partai politik, karena itu nantinya akan dapat menjerumuskan diri kita sendiri dan itu juga akan dapat menciderai citra polri sendiri, yang saat ini sedang terus mengupayakan peningkatan citra polri melalui program quick Wins Presisi Bapak Kapolri.

Adapun penekanan Bapak Kapolres terhadap personil yaitu Ops ini selaras dengan program QW presisi TW 3 dan diharapkan agar seluruh anggota menghafal dan mengerti tentang 8 program.
Seperti Kita ketahui ops ini dilaksanakan serentak yang bersifat pencegahan dan himbauan melalui kegiatan binluh sambang dan polmas menjelang pesta demokrasi TH 2024. Adapun maksud dan tujuan ops Bina Waspada Agung 2023 adalah Agar Terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan Kondusif, Pelaksanaan kegiatan sambang dan binluh di pokmas semua lapisan agar kita libatkan. Menyadarkan masyarakat menggunakan hak pilihnya. Kita memberikan himbauan agar masyarakat megunakan hak pilihnya dan memberikan pemahaman terkait berita Hoak. Mencegah adanya Money Politik dalam perhelatan Pemilu.

Selesai penekanan dari bapak Kapolrs dilanjutkan dengan Pembacaan doa, Menyanyikan Lagu Padamu Negeri, Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara terakhir bapak Kapolres meninggalkan ruangan.

Giat Upacara Pembukaan Pelatihan Pra Operasi Bina Waspada Agung – 2023 berakhir pada pukul 10.15 wita, berlangsung dengan Aman, tertib dan lancar.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi pelajaran dari masing – masing Satgas pada Operasi Bina Waspada Agung – 2023.

( Hum/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *