Puslatmar Kodiklatal Laksanakan Penanggulangan Bencana Di Pesisir

Sengkelatnews.com Pusat Latihan Marinir (Puslatmar) Kodiklatal melaksanakan Latihan Organik II Kodiklatal TA. 2023 dengan materi Penanggulangan Bencana di Pesisir, dan di buka langsung oleh Danpuslatmar Kolonel Marinir Yudi Asmar, bertempat di di D’ Trisula Park and Lounge Puslatmar Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Senin, (09/10/2023).

Puslatmar Kodiklatal Laksanakan Penanggulangan Bencana Di Pesisir


Dengan mengangkat tema latihan, “Antap Kodiklatal Melaksanakan Latihan Penanggulangan Bencana di Pesisir Surabaya dan Sekitarnya Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI AL,” Danpuslatmar Kolonel Marinir Yudi Asmar menyampaikan bahwa, latihan penanggulangan bencana di pesisir merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat yang menjadi korban khususnya yang bertempat tinggal didaerah-daerah di pesisir yang mempunyai potensi akan terjadinya bencana alam seperti banjir, rob, tsunami, dan tanah longsor.

“Latihan ini memiliki peranan sangat penting dalam keberhasilan suatu penugasan kedepannya, sehingga guna mengantisifasi adanya bencana alam diperlukan kegiatan latihan secara terus – menerus. Latihan penanggulangan bencana di pesisir ini diperlukan sebagai bagian dari kegiatan bakti sosial TNI AL terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan,” ungkap Kolonel Mar Yudi.

Lebih jauh Danpuslatmar mengatakan bahwa, Kodiklatal merupakan Kotama pembinaan dalam hal doktrin, pendidikan dan latihan TNI Angkatan Laut yang mempersiapkan prajurit matra laut sebagai pengawak organisasi TNI AL. Dalam membentuk prajurit matra laut yang handal dan profesional, diperlukan seorang sosok pelatih, pembimbing dan instruktur yang mumpuni dari segi akademik, fisik dan mental, sehingga dapat memberikan suri tauladan kepada prajurit yang di didik dan di latih.

Menurutnya, Program Latihan Organik II Kodiklatal penanggulangan bencana di pesisir ini, perlu adanya mekanisme latihan yang baik. Hal ini perlu mendapatkan pelatihan tersendiri mengingat pada pelaksanaan sebenarnya diperlukan sinergi agar mampu mencapai tugas pokok yang diberikan oleh komando atas.

Sementara itu adapun tujuan dari latihan tersebut adalah untuk menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam penyelenggaraan latihan penanggulangan bencana di pesisir sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar serta mencapai sasaran latihan yaitu meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit Kodiklatal. Selain itu juga, pada latihan kali ini Danpuslatmar menekankan kepada para pelatih maupun para peserta latihan agar tetap melaksanakan prosedur keamanan latihan (zero accident) selama latihan berlangsung, sehingga latihan dapat berjalan dengan lancar dan aman sesuai dengan program latihan yang telah direncanakan.

Pelaksanaan latihan yang dilaksanakan melalui tahap tekhnik teori/pembekalan, drill dan praktek tersebut di ikuti oleh 121 orang Kodiklatal yang diantaranya yaitu, Pelatih/pendukung 11 orang, Ditdok 2 orang, Ditdik 1 orang, Ditlat 1 orang, Ditjianbang 2 orang, Pokgadik 2 orang, Kodikopsla 15 orang, Kodikdukum 20 orang, Kodikmar 10 orang, Puslatdiksarmil 10 orang, Puslatlekdalsen 10 orang, Puslatopsla 5 orang, Puslatmar 22 orang, serta Denmako Kodiklatal 10 orang.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *