Kodiklatal Jadikan Tambak Wedi Surabaya Sasaran Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Sengkelatnews.com Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) menjadikan Tambak Wedi Surabaya sebagai lokasi sasaran Latihan Organik II Kodiklatal TA. 2023 dengan materi Penanggulangan Bencana di Pesisir. Kamis, (12/10/2023).

Kodiklatal Jadikan Tambak Wedi Surabaya Sasaran Latihan Penanggulangan Bencana Alam


Dalam penanggulangan bencana di pesisir tersebut meliputi praktek penyelamatan korban dilaut, praktek evakuasi korban dari Laut, serta praktek penyelamatan korban bencana di darat. Dan bertindak sebagai penanggung jawab latihan kali ini adalah Komandan Pusat Latihan Marinir (Danpuslatmar) Kodiklatal Kolonel Marinir Yudi Asmar.

Menurut Danpuslatmar, latihan  penanggulangan bencana di pesisir merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat yang menjadi korban khususnya yang bertempat tinggal didaerah-daerah di pesisir yang mempunyai potensi akan terjadinya bencana alam seperti banjir, rob, tsunami, dan tanah longsor.

“Latihan ini memiliki peranan sangat penting dalam keberhasilan suatu penugasan kedepannya, sehingga guna mengantisifasi adanya bencana alam diperlukan kegiatan latihan secara terus – menerus. Latihan penanggulangan bencana di pesisir ini diperlukan sebagai bagian dari kegiatan bakti sosial TNI AL terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan,” ungkap Kolonel Mar Yudi.

Danpuslatmar juga menyampaikan bahwa sebelum melaksanakan latihan Praktek di daerah pesisir tambak Wedi Surabaya ini seluruh peserta sudah diberikan pembekalan tentang jenis-jenis bencana alam, tahapan – tahapan proses penanggulangan bencana alam yg di berikan oleh anggota BPBD Prov. Jatim dan selain pembekalan di BPBD Prov.Jatim para peserta juga melaksanakan pelajaran atau drill penyelamatan yg dilaksanakan di sekitar Mako Kodiklatal.

Latihan ini melibatkan berbagai satuan di Kodiklatal dengan komposisi peserta latihan 121 orang di jajaran Kodiklatal, serta menggunakan beberapa material seperti, 2 buah Perahu Karet, 2 buah
Mopel, 30 buah Dayung, 30 buah Swempes, 3 set Tenda Pelton dan 1 unit Mobil Ambulance.

Hadir dalam giat latihan tersebut Kolonel Mar Bayu K.P, para Pastaf Puslatma, para Dansatlat Puslatmar, Pengawas Latihan, Penilai Latihan, serta Perwira Ditlat Kodiklatal.(Pen/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *