Dua Jabatan Komandan Sekesal Kodiklatal Diserahterimakan

Dua Jabatan Komandan Sekesal Kodiklatal Diserahterimakan

Sengkelatnews.com Roda mutasi kembali berputar, dua jabatan Komandan Sekolah Kesehatan Angkatan Laut (Sekesal) di bawah komando Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) resmi diserahterimakan dalam acara sertijab yang dipimpin langsung oleh Komandan Pusdikkes Kolonel Laut (K) dr.Pudjo Dwi Laksono, M.Kes., Sp.THT.KL., M.H. DI Ruang Rapat Jalasena Wiyata Husada Pusdikkes, Kodiklatal Bumimoro Surabaya pada Selasa (17/10/2023).

Dua Jabatan Komandan Sekesal Kodiklatal Diserahterimakan


Pada kesempatan tersebut Danpusdikkes menerima jabatan Komandan Sekesal Surabaya yang dijabat oleh Letkol Laut (K) Edy Ernawan, yang selanjutnya akan mengemban tugas dan jabatan baru sebagai Kasubdis Kesum Diskes Lantamal V Surabaya. Berikutnya Mayor Laut (K) Benny Fernando menyerahkan jabatan Komandan Sekesal Makassar yang dijabatnya kepada Danpusdikkes, dimana selanjutnya Beny Fernando akan melaksanakan tugas baru sebagai Kasubdis Alkes Departemen Farmasi RSPAL Dr. Ramelan Surabaya.

Menurut Danpusdikkes, Sekesal adalah unsur pelaksana dan pembantu Pusdikkes / Kodikdukum Kodiklatal yang memiliki tugas menyelenggarakan pendidikan kesehatan di lingkungan Kodiklatal. Sekesal Surabaya menyelenggarakan Pendidikan Sekolah Perawat Kesehatan dan Sekolah Menengah Farmasi, Sekesal Jakarta melaksanakan Pendidikan Sekolah Perawat Kesehatan dan Sekolah Kesehatan Gigi, sedangkan Sekesal Makassar melaksanakan Pendidikan Sekolah Perawat Kesehatan dan Sekolah Perawat Gigi.


Lebih lanjut Danpusdikkes mengungkapkan , jika pada awal pembentukan Sekesal adalah untuk mendidik anggota Bintara dan Tamtama TNI Angkatan Laut korps Kesehatan yang belum memiliki kualifikasi kesehatan. Namun dalam perkembangannya, tidak hanya mendidik prajurit saja melainkan juga mendidik siswa umum dan bahkan akhirnya seluruh siswa didiknya terdiri masyarakat umum. Dan berdasarkan Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Nomor Kep / 631 /III / 2023 tentang Pengalihan Siswa Umum Sekesal dari Kodiklatal kepada Yayasan Hang Tuah, saat ini Sekesal sudah tidak menyelenggarakan Pendidikan lagi.(Pen/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *