Langkah Cepat Perbekel Pangkungkarung Hubungi BPBD Cegah Pohon Tumbang Pinggir Jalan

Sengkelatnews.com Untuk mencegah terjadinya pohon tumbang karena pangkal pohon patah, perbekel Desa Pangkungkarung I Wayan Subawa, dengan langkah cepat dan tepat berkoordinasi kepada BPBD Kabupaten Tabanan. Hal ini dilakukan oleh Perbekel Pangkungkarung setelah menerima laporan dari Kepala lingkungan Banjar Seronggo bahwa di pinggir jalan yang menghubungkan Desa Pangkungkarung dengan Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan, tepatnya di sebelah timur jembatan sebuah pohon Mahoni yang tumbuh di bereman jalan mengalami retak nyaris putus pada bagian pangkal batang.

Langkah Cepat Perbekel Pangkungkarung Hubungi BPBD Cegah Pohon Tumbang Pinggir Jalan


Perbekel Desa Pangkungkarung I Wayan Subawa menjelaskan bahwa “setelah kami bersama Tim Tangguh Bencana Desa melakukan pengecekan ke lapangan, ditemukan pangkal batang pohon mahoni dengan diameter 40 cm dan tinggi 8 meter mengalami retak patah pada bagian pangkal. Sebab patah dari bagian pangkal pohon tersebut karena tertarik oleh kendaraan truck saat papasan di tempat tersebut, mengingat tumbuhnya pohon mahoni tersebut miring mengarah ke jalan raya, sehingga terjadinya gesekan antara truck dan pohon tersebut”. Jelas I Wayan Subawa.

Disampaikan pula oleh I Wayan Subawa bahwa “untuk menghindari terjadinya hal hal yang tidak diinginkan kami dari aparat desa secepatnya menghubungi BPBD Kabupaten untuk segera dilakukan pemotongan terhadap pohon mahoni tersebut. Dan siang ini satu unit tim BPBD telah dengan sigap melakukan menanganinya dan melakukan evakuasi terhadap pohon tersebut, arus kendaraan yang melintas jalan tersebut kembali normal, setelah terhambat beberapa saat ketika pemotongan dan evakuasi batang pohon yang dipotong”. Ujar Perbekel Desa Pangkungkarung (Kamis 26/10/2023 siang)

Wayan Subawa juga menghimbau masyarakat agar selalu waspada dan melaporkan kepada tim Tangguh bencana Desa Pangkungkarung jika menemukan hal yang sejenis, khususnya di wilayah Desa Pangkungkarung, kecamatan kerambitan.

(Sbg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *