Marsma TNI Mohammad Nurdin Resmi Jabat Pangkoops Udara I

Marsma TNI Mohammad Nurdin Resmi Jabat Pangkoops Udara I

Sengkelatnews.com Penkoopsud I. Marsekal Pertama TNI Mohammad Nurdin secara resmi mejabat sebagai Panglima Koops Udara I menggantikan Marsekal Muda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc. pada upacara Serah Terima Jabatan Panglima Komando Operasi Udara I dengan Irup Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M. bertempat di Lapangan Upacara Makoops Udara I. Senin (27/11)

Serah terima jabatan Pangkoops Udara I dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 tanggal 9 November 2023, tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, dengan demikian jabatan Panglima Koopsud I telah mengalami pergantian.

Selanjutnya Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc. mendapatkan kepercayaan sebagai Wakil Kodiklatau, sedangkan Marsma TNI Mohammad Nurdin yang seorang penerbang tempur F-5 Tiger dan merupakan alumni Akademi Angkatan Udara tahun 1996 yang dibesarkan di Skadron Udara 14 ini sebelumnya menjabat sebagai Komandan Lanud Roemin Nurjadin.

Dalam amanatnya, Pangkoopsudnas menjelaskan bahwa sebagai Komando Pelaksana Operasi, di bawah jajaran Koops Udara Nasional, Komando Operasi Udara I (Koopsud I) bertugas menyelenggarakan operasi udara sesuai dengan kebijakan Panglima Koops Udara Nasional, penegakan hukum, menjaga keamanan udara yang menjadi tanggung jawabnya dan menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan kesiapan operasional satuan dalam jajarannya, serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara, guna mendukung tugas TNI Angkatan Udara, di wilayah barat Indonesia. Beberapa potensi ancaman dan tantangan saat ini yang berpeluang terjadi di wilayah Koopsud I, dapat berupa pelanggaran wilayah udara, ilegal loging, ilegal fishing, kebakaran hutan dan lahan, penyerobotan asset tanah negara, serta berbagai gangguan akibat bencana alam.

Pangkoopsudnas juga menyampaikan permasalahan yang terkait dengan keselamatan terbang dan kerja (Lambangja), perlu di ketahui bersama bahwa accident yang melibatkan alutsista pesawat TNI Angkatan Udara yang terjadi beberapa waktu lalu, yang telah mengakibatkan gugurnya prajurit terbaik TNI Angkatan Udara, kiranya perlu menjadi pelajaran bagi kita semua, bahwa Lambangja tidak dapat ditawar-tawar lagi. Setiap prajurit Koopsud I dan jajaran, harus menjadikan Lambangja bagian dari habit dan budaya yang selalu melekat kapanpun pada diri setiap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil dimanapun bertugas.

Pada kesempatan tersebut Pangkoopsudnas juga mengingatkan perihal penyelenggaraan pesta demokrasi berupa pemilihan umum (Pemilu) baik Presiden dan Wakil Presiden, Legislatif maupun Kepala Daerah secara serentak. Dalam situasi tersebut, sangat rawan munculnya konflik sosial di tengah masyarakat. “Oleh karena itu, kita sebagai alat negara harus dapat membantu pemerintah menciptakan dan menjaga situasi yang kondusif sehingga pesta demokrasi tetap dapat berjalan dengan damai dan aman. Sesuai intruksi Panglima TNI, kita sebagai alat negara, posisi kita sudah sangat jelas yaitu netral. Saya ingatkan kepada semua pejabat dan prajurit serta PNS di jajaran Koopsud I, untuk tetap dapat bersikap netral dengan tidak mendukung, memihak maupun menggunakan fasilitas dinas TNI AU untuk kepentingan peserta Pemilu, termasuk tidak 7 memberi tanda like, dan komentar di media sosial,” tambah Marsdya TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M.

Menutup sambutannya, Pangkoopsudnas mangatakan, “Saya atas nama pribadi dan selaku Panglima Koopsudnas, menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Marsda Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc. dan Ibu Mala Bambang Gunarto atas pengabdian dalam melaksanakan tugas dan dharma bakti selama menjabat di Koopsud I maupun dalam organisasi PIA Ardhya Garini Daerah I Koopsud I. Kepada Marsma TNI Mohammad Nurdin saya ucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan serta amanah yang diberikan oleh pimpinan sebagai Pangkoops Udara I yang baru. Saya harapkan Marsekal dapat mengemban kepercayaan dan kehormatan, sekaligus amanah ini dengan penuh rasa tanggungjawab. Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada Ibu Erin Mohammad Nurdin, semoga dapat mencurahkan waktu dan perhatian dalam membawa organisasi PIA Ardhya Garini di lingkungan Koopsud I.”

Usai pelaksanaan upacara Sertijab Pangkoops Udara I, di tempat yang sama dilanjutkan dengan Serah Terima Jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Koopsud I dari Ny. Mala Bambang Gunarto kepada istri Pangkoops Udara I yang baru yaitu Ny. Erin Mohammad Nurdin. Dengan demikian Ny. Erin Mohammad Nurdin selain menjadi Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I sekaligus menjabat Ketua Yasarini Pengurus Perwakilan Koops Udara I.

Upacara Serah Terima Jabatan Panglima Komando Operasi Udara I dihadiri oleh Dankodiklatau, Pj. Gubernur DKI Jakartayang diwakili oleh Wakil Walikota DKI Jakarta, Pangdam Jaya diwakili Irdam Kodam Jaya, Pangkoarmada I Jakarta, Kapolda Metro Jaya diwakili Wakapolda Metro Jaya, Ketua PIA AG Gabungan Koopsudnas, Ketua PIA AG Gabungan Kodiklatau, Ketua PIA AG Daerah I Koopsud I, Kas Koopsudnas, Wadan Kodiklatau, Kas Koopsud I, Para pejabat Koopsudnas, Kodiklatau, Koopsud I, serta Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Koopsud I, serta perwakilan anggota jajaran Koopsud I.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *