Dirlat Kodiklatal Ikuti Peresmian Kampung Bahari Nusantara Pasmar 2 di Sidoarjo

Sengkelatnews.com Direktur Latihan (Dirlat) Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Widodo mengikuti peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) Pasmar 2 Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang dipimpin langsung oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayjen TNI (Mar) Markos mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, bertempat di Dusun Tlocor Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Senin (04/12/2023).

Dirlat Kodiklatal Ikuti Peresmian Kampung Bahari Nusantara Pasmar 2 di Sidoarjo


Pembangunan Kampung Bahari Nusantara yang bertemakan, “Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Mendukung Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Masyarakat Maritim yang Sejahtera.”, ini bertujuan menciptakan kondisi juang tangguh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi, dan pertahanan. Pasmar 2 Korps Marinir melaksanakan program Program pembentukan Kampung Bahari Nusantara Pasmar 2 yang terbagi dalam lima klaster, antara lain Edukasi, Ekonomi, Kesehatan, Pariwisata dan Pertahanan.

Dalam amanat Kasal yang dibacakan Aspotmar Kasal mengatakan bahwa, peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat pesisir melalui program Kampung Bahari Nusantara, merupakan salah satu langkah untuk mendukung pencapaian beberapa program prioritas nasional tahun 2023. Beberapa program prioritas tersebut antara lain memperkuat ketahanan ekonomi yang berkeadilan, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, serta memperkuat stabilitas politik, hukum, pertahanan dan keamanan.

Dihadiri Wagub Jatim Emil Dardak dan Forkopimda Jatim tersebut, pada Kluster Edukasi dan pertahanan, Pasmar 2 berupaya meningkatkan pengetahuan masyarakat desa melalui renovasi dan mengaktifkan Taman Pendidikan Al Qur’an di Dusun Tlocor Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Selain itu, melaksanakan pembekalan bela negara terhadap siswa-siswi Sekolah Menengah, dan menyediakan buku-buku untuk menambah pengetahuan dan informasi, khususnya terkait dengan berbagai kegiatan, pekerjaan, serta wawasan teknologi dan kebangsaan.

Sedangkan Kluster Ekonomi, pembangunan Depot Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta Dermaga kayu Nelayan dan pendampingan kegiatan kelompok Nelayan dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Kluster Kesehatan, melaksanakan renovasi Pos Kesehatan Desa dan penyediaan alat penjernih air siap minum untuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat desa dan penyuluhan, serta sosialisasi budaya hidup sehat.

Untuk Kluster Pariwisata, pembangunan Taman Tematik Kampung Bahari Nusantara Pasmar 2 bertujuan untuk menciptakan desa agar dapat menjadi destinasi pariwisata, khususnya wisata bahari. Peresmian 69 KBN TNI Angkatan Laut secara terpusat dilaksanakan di KBN Pasmar 2 Korps Marinir dan diikuti secara vicon oleh 68 KBN yang telah dibangun oleh Satkorwil dan Satnonkorwil TNI AL di seluruh Indonesia.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *