Komandan Pasmar 2 Dampingi Aspotmar Kasal Resmikan KBN Pasmar 2 Dusun Tlocor

Komandan Pasmar 2 Dampingi Aspotmar Kasal Resmikan KBN Pasmar 2 Dusun Tlocor

Sengkelatnews.com Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto mendampingi Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayjen TNI (Mar) Markos meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI Angkatan Laut yang terpusat di KBN Pasmar 2 di Dusun Tlocor Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Senin (04/12/2023)

Komandan Pasmar 2 Dampingi Aspotmar Kasal Resmikan KBN Pasmar 2 Dusun Tlocor


Sebelum meresmikan 69 KBN TNI Angkatan Laut, yang secara terpusat dilaksanakan di KBN Pasmar 2 Korps Marinir dan diikuti secara vicon oleh 68 KBN yang telah dibangun oleh Satkowil dan Satnonkowil TNI AL di seluruh Indonesia. Aspotmar Kasal, didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Dr Emil Elestianto Dardak M.Sc. dan Komandan Pasmar 2 terlebih dahulu meninjau Pos Kesehatan Desa dan Rumah Pintar yang telah direnovasi, serta sektor wisata berupa Taman Tematik dan Dermaga untuk Nelayan yang dibangun oleh Prajurit Pasmar 2.

Dalam sambutan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., yang dibacakan oleh Aspotmar Kasal mengatakan bahwa, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki sumber daya alam maritim yang sangat berlimpah. Sumber daya alam tersebut harus dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia, terutama masyarakat pesisir. Cita-cita poros maritim dunia harus didukung dan diwujudkan dalam semua Aspek bidang kehidupan, pembangunan masyarakat pesisir dan kepulauan harus menjadi perhatian kita semua.

Program KBN TNI Angkatan Laut, merupakan wadah untuk pembinaan wilayah pesisir, agenda ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan ekonomi, kesehatan dan edukasi bagi masyarakat pesisir, serta merupakan bentuk implementasi dari Bintahwilmar (Pembinaan Pertahanan Wilayah Maritim) guna mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh serta kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam mendukung sistem pertahanan semesta.

Peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat pesisir melalui program KBN, merupakan salah satu langkah untuk mendukung pencapaian beberapa program prioritas nasional tahun 2023. Beberapa program prioritas tersebut antara lain, memperkuat ketahanan ekonomi yang berkeadilan, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, serta memperkuat stabilitas politik, hukum, pertahanan dan keamanan. Hal tersebut selaras dengan tema kegiatan acara peresmian KBN TNI Angkatan Laut yaitu “Kampung Bahari Nusantara TNI AL siap mendukung transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju masyarakat maritim yang sejahtera”.

Objek pembinaan dari program KBN meliputi bidang edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata, dan bidang pertahanan. Sejak tahun 2021 TNI Angkatan Laut telah membangun di 81 Kampung Bahari Nusantara yang tersebar di seluruh wilayah pesisir Indonesia dan TNI Angkatan Laut akan tetap melanjutkan program ini di tahun-tahun selanjutnya.(Pen/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *