Tingkatkan Kompetensi Dukung Tugas TNI AL, Binkowal Beri Pembekalan Khusus

Sengkelatnews.com “Pembinaan Prajurit Kowal (Binkowal) merupakan tindakan atau kegiatan yang dilakukan secara berkesinambungan dalam penyediaan, pendidikan, penggunaan, perawatan dan pemisahan yang bertujuan untuk menyiapkan dan meningkatkan kompetensi Kowal guna melaksanakan tugas TNI Angkatan Laut.”

Tingkatkan Kompetensi Dukung Tugas TNI AL, Binkowal Beri Pembekalan Khusus


Demikian dikatakan Letkol Laut (K/W) Ida Ayu Nyoman Putranti selaku Pabandya Binkowal Ban V Watpers Spersal saat memberikan Pembekalan kepada 196 orang Kowal yang terdiri dari Taruni AAL Angkatan 70 (10 orang), Taruni AAL Angkatan 71 (14 orang), Dikmapawan PK XXX (Reguler) TA 2022 (13 orang), Dikmabawan TNI AL XLIII/1 TA 2023 (78 orang) dan Dikmabawan TNI AL XLIII/2 TA 2023 (81 orang), bertempat di Gd. Moeljadi Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Jum’at (08/12/2023).

“Korps Wanita TNI Angkatan Laut atau disingkat Kowal adalah Prajurit Wanita TNI Angkatan Laut yang dibentuk dengan tujuan memberikan hak, kewajiban dan kehormatan kepada wanita Indonesia untuk mengabdikan diri dalam bidang kemiliteran serta mengisi jabatan atau kedudukan tertentu dalam organisasi TNI AL dalam rangka kesempurnaan dan efisiensi hasil organisasi”, terang Letkol Ida Ayu Nyoman Putranti yang merupakan Alumni Sepa PK VI/1999 ini.

Lebih lanjut dijelaskan, jumlah kekuatan Kowal saat ini 3.005 personel yang terdiri dari 956 Kowal Wilayah Surabaya, 1.235 Kowal Wilayah Jakarta dan 814 Kowal lainnya yang tersebar di wilayah Indonesia, dengan rincian; 7 Perwira Tinggi (1 Laksda dan 6 Laksma), 433 Perwira Menengah (63 Kolonel, 157 Letkol dan 213 Mayor), 639 Perwira Pertama (147 Kapten, 244 Lettu dan 248 Letda) dan 1.926 Bintara (235 Peltu, 90 Pelda, 208 Serma, 224 Serka, 197 Sertu dan 972 Serda) serta 199 personel untuk jumlah kekuatan Kowal di KRI.

Dalam mendukung tugas TNI Angkatan Laut Prajurit Kowal tetap harus mempunyai kelembutan sebagai wanita dengan jiwa pantang menyerah, kuat, ulet dan luwes yang dilandasi niat suci, semangat persatuan dan kesatuan yang terus berkibar untuk berpikir kreatif dan cemerlang dengan tetap berpegang pada Trisila TNI Angkatan Laut.

Kowal dalam menghadapi tantangan tugas masa depan dengan cara menguatkan kompetensi (pengetahuan/pendidikan, keterampilan dan sikap kerja, komitmen tinggi, motivasi, tanggungjawab, dll), bekerja profesional dan penuh tanggungjawab dalam setiap tugas, memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan prajurit pria/mitra sejajar dalam dinas dan meningkatkan prestasi diri serta berperan aktif di level nasional, regional dan internasional sesuai dengan profesi masing-masing.

Turut hadir dalam pembekalan kepada para Srikandi Laut tersebut yaitu, Pater Kowal Kodiklatal Kolonel Laut (KH/W) Wiwik Triwidayanti, para Pamen Kowal perwakilan dari Kodiklatal dan AAL, serta undangan lainnya.(Pen/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *