Kodiklatal Laksanakan Taklimat Awal Reviu LK TNI AL Semester II TA 2023

Sengkelatnews.com Untuk menguji akurasi, kehandalan dan keabsahan informasi serta kesesuaian pengakuan, pengukuran dan pelaporan transaksi dengan Standar Akuntansi pemerintah (SAP) dilaksanakan Taklimat Awal Reviu Laporan Keuangan (LK) TNI Angkatan Laut Semester II TA 2023 bertempat di Rupat Inspektorat Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Senin (15/01/2024).

Kodiklatal Laksanakan Taklimat Awal Reviu LK TNI AL Semester II TA 2023


Dalam amanat Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah yang dibacakan Ir Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Ahmad Fajar, mengatakan bahwa kegiatan Reviu kali ini diharapkan dapat dijadikan momen yang penting dalam melaksanakan perbaikan terhadap kegiatan laporan keuangan yang telah disusun.

“Untuk itu, kepada Kotama/Satker terkait yang akan dikunjungi sebagai Entitas Reviu, agar memberikan dukungan dokumen dan keterangan yang dilengkapi dengan bukti yang akurat dan data-data lain yang dibutuhkan serta menjadikan Tim Reviu Itjenal sebagai Consulting Partner dalam menyelesaikan kegiatan laporan keuangan yang efektif, efesien, transparan dan akuntabel”, ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutan Irjenal Laksda TNI Rubiyanto yang dibacakan Irben Itjenal Laksma TNI Mohamad Iskandar selaku Pengendali Teknis mengatakan bahwa, sesuai Program Kerja Itjenal TA 2024, mulai tanggal 15 Januari s.d. 01 Februari 2024, Itjenal akan melaksanakan Reviu Laporan Keuangan Semester II TA 2023, untuk beberapa Satker di wilayah Surabaya, Jakarta, Tanjung Pinang, Batam dan Tanjung Uban sebagai sampel Reviu LK.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Reviu pada dasarnya merupakan penelaahan atau penelusuran angka-angka dalam laporan keuangan, permintaan keterangan dan analitik yang menjadi dasar memadai bagi Aparat Pengawasan Instansi Pemerintah (APIP) untuk memberikan keyakinan bahwa tidak ada modifikasi materiil yang dilakukan pada laporan keuangan.

“Adapun tujuan dan sasarn Reviu laporan keuangan kali ini adalah untuk membantu terlaksananya penyelenggaraan akuntansi dan penyajian laporan keuangan TNI Angkatan Laut TA 2023 sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga dapat memberikan keyakinan terbatas mengenai akurasi, keandalan dan keabsahan informasi yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut ditandatangani dan disampaikan oleh Kasal”, pungkasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan secara vicon dan langsung ini dihadiri oleh, Dankodikopsla Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah, Dankodikmar Brigjen TNI Marinir Samson Sitohang, Wadan Kodikdukum Kolonel Laut (S) Tri Yudi Siswantoro, Paban 1 Renprogar Ren Ditum Kodiklatal Kolonel Laut (S) AnasYusuf Pandjaitan, Danpuslatdiksarmil Kolonel Laut (P) Irwan S.P. Siagian, Dandenma Kodiklatal Kolonel Marinir Pujiono, Kadopusbektim Kolonel Laut (T) Defit, serta Tim Reviu yang diketuai oleh Kolonel Laut (S) Winarko Sihwidodo. Sedangkan yang hadir secara vicon yakni Disbekal, Disfaslanal, Diskual, Koarmada I, Lantamal III Jakarta, Lantamal IV Batam, Fasharkan Mentigi, Dopusbekbar, Lanal Bintan, Rumkital Dr. Midiyato Suratani, dan Rumkital Marinir Cilandak.(pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *