Penyakit Balita yang Bikin Galau, Ibu Tenang Aja!


Penyakit Balita yang Bikin Galau, Ibu Tenang Aja!

Halo, para ibu! Pasti khawatir ya kalau si kecil sakit. Tapi, tenang aja, ada beberapa penyakit yang biasa dialami balita dan ibu nggak perlu terlalu khawatir. Yuk, simak penjelasannya!

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, ada 5 penyakit yang paling sering dialami balita di Indonesia. Penyakit-penyakit ini umumnya ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, penting untuk tetap waspada dan memberikan perawatan yang tepat agar si kecil cepat pulih.

Berikut ini 5 penyakit yang biasa dialami balita:

  1. Pilek
  2. Batuk
  3. Diare
  4. Demam
  5. Ruam popok

Walaupun penyakit-penyakit ini umumnya ringan, namun tetap penting untuk memberikan perawatan yang tepat agar si kecil cepat pulih. Misalnya, untuk pilek dan batuk, bisa diberikan obat batuk dan pilek yang dijual bebas. Sedangkan untuk diare, bisa diberikan oralit untuk mencegah dehidrasi. Untuk ruam popok, bisa diobati dengan krim antiruam.

Selain perawatan medis, penting juga untuk memberikan perawatan di rumah yang baik. Misalnya, untuk pilek dan batuk, bisa dikompres dengan air hangat. Sedangkan untuk diare, bisa diberikan ASI atau susu formula lebih sering. Untuk ruam popok, bisa diganti popoknya lebih sering dan dibiarkan daerah yang terkena ruam terbuka.

Jika penyakit yang dialami si kecil tidak kunjung sembuh atau malah semakin parah, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5 Penyakit Ini Biasa Dialami Balita Ibu Tak Perlu Khawatir

Setiap ibu pasti khawatir kalau si kecil sakit. Tapi, tenang aja, ada beberapa penyakit yang biasa dialami balita dan ibu nggak perlu terlalu khawatir. Yuk, simak penjelasannya!

  • Pilek: Hidung meler dan tersumbat
  • Batuk: Suara berdahak dan tenggorokan gatal
  • Diare: BAB cair dan sering
  • Demam: Suhu tubuh meningkat
  • Ruam popok: Kulit kemerahan dan iritasi di area popok

Meskipun penyakit-penyakit ini umumnya ringan, namun tetap penting untuk memberikan perawatan yang tepat agar si kecil cepat pulih. Misalnya, untuk pilek dan batuk, bisa diberikan obat batuk dan pilek yang dijual bebas. Sedangkan untuk diare, bisa diberikan oralit untuk mencegah dehidrasi. Untuk ruam popok, bisa diobati dengan krim antiruam.

Selain perawatan medis, penting juga untuk memberikan perawatan di rumah yang baik. Misalnya, untuk pilek dan batuk, bisa dikompres dengan air hangat. Sedangkan untuk diare, bisa diberikan ASI atau susu formula lebih sering. Untuk ruam popok, bisa diganti popoknya lebih sering dan dibiarkan daerah yang terkena ruam terbuka.

Jika penyakit yang dialami si kecil tidak kunjung sembuh atau malah semakin parah, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Pilek

Pilek adalah penyakit yang paling umum dialami balita. Gejalanya berupa hidung meler dan tersumbat. Pilek biasanya disebabkan oleh virus, jadi tidak perlu diberikan antibiotik.

Untuk mengatasi pilek pada balita, bisa diberikan obat batuk dan pilek yang dijual bebas. Bisa juga dikompres dengan air hangat untuk melegakan hidung tersumbat.

Pilek biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari. Namun, jika pilek tidak kunjung sembuh atau malah semakin parah, segera konsultasikan ke dokter.

Batuk

Batuk adalah penyakit yang juga umum dialami balita. Gejalanya berupa suara berdahak dan tenggorokan gatal. Batuk biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri.

Untuk mengatasi batuk pada balita, bisa diberikan obat batuk dan pilek yang dijual bebas. Bisa juga dikompres dengan air hangat untuk melegakan tenggorokan.

Batuk biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari. Namun, jika batuk tidak kunjung sembuh atau malah semakin parah, segera konsultasikan ke dokter.

Diare

Diare adalah penyakit yang cukup umum dialami balita. Gejalanya berupa BAB cair dan sering. Diare biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri, tapi bisa juga disebabkan oleh makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Untuk mengatasi diare pada balita, bisa diberikan oralit untuk mencegah dehidrasi. Bisa juga diberikan ASI atau susu formula lebih sering. Hindari memberikan makanan atau minuman yang manis atau berlemak, karena bisa memperparah diare.

Diare biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari. Namun, jika diare tidak kunjung sembuh atau malah semakin parah, segera konsultasikan ke dokter.

Demam

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh meningkat di atas 38 derajat Celsius. Demam biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

  • Jenis-jenis demam
    – Demam ringan: 38-39 derajat Celsius – Demam sedang: 39-40 derajat Celsius – Demam tinggi: di atas 40 derajat Celsius
  • Penyebab demam
    – Infeksi virus, seperti flu atau batuk – Infeksi bakteri, seperti pneumonia atau infeksi saluran kemih – Reaksi alergi – Keracunan makanan
  • Cara mengatasi demam
    – Kompres dengan air hangat – Berikan banyak cairan – Berikan obat penurun panas, seperti paracetamol atau ibuprofen
  • Kapan harus ke dokter
    – Demam tinggi yang tidak kunjung turun – Demam disertai dengan gejala lain, seperti ruam, muntah, atau diare – Demam pada bayi di bawah 3 bulan

Demam biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari. Namun, jika demam tidak kunjung sembuh atau malah semakin parah, segera konsultasikan ke dokter.

Ruam popok

Ruam popok adalah penyakit yang cukup umum dialami balita. Gejalanya berupa kulit kemerahan dan iritasi di area popok. Ruam popok biasanya disebabkan oleh iritasi kulit akibat popok yang basah atau kotor.

Untuk mengatasi ruam popok pada balita, bisa diobati dengan krim antiruam. Bisa juga dengan mengganti popoknya lebih sering dan dibiarkan daerah yang terkena ruam terbuka.

Ruam popok biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Namun, jika ruam popok tidak kunjung sembuh atau malah semakin parah, segera konsultasikan ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *