Prajurit Yonpom 1 Mar Jemput Tawanan Perang di Sukabumi

Sengkelatnews.com Dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit guna mendukung tugas dan fungsi Yonpom 1 Mar dalam operasi militer di daerah operasi, dalam hal ini prajurit  Yonpom 1 Marinir melaksanakan Latihan Satuan Dasar (LSD) l TW ll tahun 2024 dengan materi pengurusan tawanan perang (Rustaper) di Ds. Sindang Resmi, Kec. Jampang Tengah, Kab. Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (14/05/2024).

Prajurit Yonpom 1 Mar Jemput Tawanan Perang di Sukabumi


Dalam skenario latihan, penjemputan tawanan perang ini disimulasikan Satuan Infanteri yang berada di garis depan mendapatkan tawanan perang dan meminta kepada Danton Pom untuk mengambil tawanan perang. Selanjutnya, Danton Pom memerintahkan satu Regu Pom untuk berangkat mengambil tawanan perang sesuai dengan koordinat yang telah ditentukan. Selanjutnya Danru Pom membawa tawanan menuju ke posko Ton Pom untuk menjalani prosesing yang meliputi penerimaan, interogasi, foto dan cuci cetak, sidik jari, pencatatan hingga ditempatkan di dalam bilik penggolongan, sesuai klasifikasi tawanan perang, dengan berpedoman pada hukum Humaniter.

Lebih lanjut, Komandan Batalyon Polisi Militer 1 Marinir Letkol Marinir Pahala Mahatahara Suari selaku Pimlat menyampaikan bahwa pengurusan tawanan perang merupakan salah satu tugas pokok prajurit  Yonpom 1 Mar dalam mendukung operasi militer perang, dengan tujuan agar prajurit Yonpom 1 Mar mampu dan memahami tugas-tugasnya.

“Latihan ini adalah salah satu kesejahteraan prajurit, maka gunakan kesempatan yang baik ini untuk berlatih dan berlatih. Dalam penanganan rustaper, kita sesuaikan dengan Hukum Internasional yang telah disepakati dalam Konvensi Jenewa agar di kemudian hari tidak ada tuntutan mengenai pelanggaran Hak Asasi Manusia” Ungkap Danyonpom 1 Mar.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *