Pusdikkav Kodikmar Kodiklatal Gelar Lattek Mengemudi Ranpur Aspek Laut di Pantai Banongan Situbondo

Pusdikkav Kodikmar Kodiklatal Gelar Lattek Mengemudi Ranpur Aspek Laut di Pantai Banongan Situbondo

Sengkelatnews.com Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikkav) Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar)  Kodiklatal, kembali menggelar Latihan Praktek (Lattek) mengemudi Kendaraan Tempur (Ranpur) Aspek Laut menggunakan Ranpur jenis BMP-3F, BTR-50 P(M) dan Kapa K-61, di Daerah Pusat Latihan Pertempuran Marinir Pantai Banongan, Situbondo.  Sabtu (22/06/2024).

Pusdikkav Kodikmar Kodiklatal Gelar Lattek Mengemudi Ranpur Aspek Laut di Pantai Banongan Situbondo


Latihan ini melibatkan 25 personel Siswa Dikjurba Angkatan XXXIII dan 25 personel Siswa Dikjurta Angkatan XLVII, dipimpin oleh Palaklat Letkol Marinir Sapto Putro Pamungkas yang jabatan sehari-harinya adalah Komandan Sekolah Bintara Kavaleri (Dansebakav). Adapun kegiatan dimulai dengan Uji Kedap dan Uji Arung Ranpur Kavaleri Marinir, dilanjutkan dengan latihan mengemudi Ranpur di laut.

Tujuan dari latihan ini adalah untuk mengasah kemampuan dan keterampilan taktis siswa dalam mengemudi Ranpur di medan laut, sebagai bagian dari peningkatan kemampuan tempur mereka. Program ini dirancang untuk meningkatkan kesiapan tempur dan pemahaman siswa terhadap teknik serta taktik operasional mengemudi Ranpur, yang menjadi salah satu kemampuan inti Prajurit Lapis Baja Korps Marinir.

“Dengan latihan ini, para Siswa diharapkan dapat memahami peran dan tanggung jawab mereka sebagai pasukan pendarat, yang siap melaksanakan operasi militer perang maupun operasi militer selain perang dalam berbagai kondisi medan,” ujar Letkol Marinir Sapto Putro Pamungkas.

Secara terpisah Komandan Pusdikkav Kolonel Marinir Wartono, selaku Direktur Latihan menegaskan kepada para Siswa, “Manfaatkan setiap momen latihan untuk meningkatkan keahlian dan kesiapan tempur kalian. Jadilah prajurit yang tangguh, disiplin, dan siap menghadapi segala tantangan.”

Dengan berakhirnya latihan ini, diharapkan para Siswa Marinir dapat mencapai tingkat kesiapan dan keterampilan yang lebih tinggi dalam melaksanakan tugas sebagai bagian dari kekuatan tempur TNI AL.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *