Siap Jadi Prajurit Petarung Sejati, Lattek Dikko 174 Marinir Resmi Dibuka

Siap Jadi Prajurit Petarung Sejati, Lattek Dikko 174 Marinir Resmi Dibuka

Sengkelatnews.com Siap jadi Prajurit Petarung sejati, 462 Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan 43 Gelombang 2 TA. 2023 resmi ikuti Latihan Praktek (Lattek) Pendidikan Komando (Dikko) Angkatan 174 Marinir yang di buka oleh Komandan Kodikmar (Dankodikmar) Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Samson Sitohang mewakili Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, bertempat di Lapangan Apel Puslatpurmar -5 Baluran Karangtekok Asembagus Situbondo.  Rabu (26/06/2024).

Siap Jadi Prajurit Petarung Sejati, Lattek Dikko 174 Marinir Resmi Dibuka


Dihadapan 119 Siswa Dikmaba dan 343 Siswa Dikmata Angkatan 43/2 tersebut, Dankodiklatal dalam amanatnya mengatakan bahwa, Lattek Dikko merupakan latihan yang wajib diikuti oleh para Siswa Korps Marinir sebelum dilaksanakan upacara pembaretan bagi setiap Prajurit Petarung Korps Marinir, karena di dalamnya memuat berbagai macam materi dasar bagi Prajurit Komando.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Lattek Dikko ini akan dilaksanakan selama 77 hari, yang bertujuan untuk mendidik dan membekali para Siswa agar memiliki keterampilan dalam melaksanakan tugas sebagai Prajurit Komandi yang dititikberatkan pada keterampilan perorangan dan satuan kecil secara teliti dan benar, dalam situasi pertempuran aspek darat, laut dan kondisi khusus.

Oleh karena itu, dalam Lattek Dikko para Siswa akan melaksanakan lima tahap latihan, yang meliputi tahap dasar komando, tahap kemampuan dan ketahanan di laut, tahap pertempuran hutan, tahap teknik dan taktik perang gerilya, serta tahap lintas medan. Semuanya itu diberikan kepada para Siswa sebagai upaya untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia Prajurit TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh.

Dankodiklatal juga memberikan penekanan kepada para siswa Dikko Marinir agar selama latihan menjaga kekompakan dan memupuk jiwa Korsa yang positif dengan menumbuhkan kepedulian dalam mengatasi kesulitan selama Dikko.

Selain itu, Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah berharap kepada Dankodikmar, para Danpusdik, Instruktur dan Pembimbing Siswa agar dapat melaksanakan Program Lattek ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab, agar mampu melahirkan Prajurit-Prajurit Petarung Korps Marinir yang handal dan dapat dibanggakan.

Setelah selesai kegiatan Upacara Pembukaan Dikko Marinir, Direktur Pendidikan (Dirdik) Kodiklatal Laksma TNI Askari beserta Dankodikmar melaksanakan peninjauan Lattek Menembak Senjata Berat (Baksenrat) Art dan Kav Siswa Dikspespa, Dikjurba dan Dikjurta Artileri (Art) dan Kavaleri (Kav).(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *