Pasis Diklapa Angkatan 33 Kodiklatal Laksanakan OYU Opslagab dan Opshantai

Pasis Diklapa Angkatan 33 Kodiklatal Laksanakan OYU Opslagab dan Opshantai

Sengkelatnews.com Komandan Kodikopsla (Dankodikopsla) Kodiklatal Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah secara resmi membuka Latihan Praktek (Lattek) Olah Yudha (OYU) Operasi Latihan Gabungan (Opslatgab) dan Operasi Gabungan Pertahanan Pantai (Opsgabhantai) Perwira Siswa (Pasis) Diklapa Angkatan 33 TA. 2024, bertempat di Gedung Belatrix Pusdiklapa Kodikopsla Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Selasa (02/07/2024).

Pasis Diklapa Angkatan 33 Kodiklatal Laksanakan OYU Opslagab dan Opshantai


Dalam sambutannya, Dankodikopsla Kodiklatal menyampaikan bahwa, saat ini para Pasis akan memasuki akhir program pendidikan tahap 2, dimana dalam 3 minggu ke depan para Siswa akan melaksanakan tahap akhir program pendidikan ini. Pada kesempatan ini juga, Pasis akan melaksanakan kegiatan Latihan Praktek (Lattek) Olah Yudha Operasi Laut Gabungan dan Operasi Pertahanan Pantai.

Dengan mengusung tema, “Kogaslagab dan Kogasgabhantai Melaksanakan Operasi Laut Gabungan dan Operasi Pertahanan Pantai Di Mandala Operasi Indonesia Timur Bagian Utara dan Sekitarnya, Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok Kogab TNI”, tersebut diikuti oleh 44 Pasis yang akan melaksanakan Lattek selama 5 hari dimulai tanggal 2 sampai dengan 8 Juli 2024.

“Perlu kita ketahui bersama bahwa tujuan Lattek ini adalah agar Pasis dapat melaksanakan proses perencanaan Opslagab dan Opshantai, sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai Staf Gugus Tugas atau tugas lain yang setingkat,” ujar Laksma M. Iwan Kusumah.

Lebih jauh dijelaskan, Opslagab dan Opshantai merupakan bagian dari Operasi Gabungan TNI dalam Operasi Militer Perang (OMP) yang merupakan operasi yang bersifat kelautan dimana TNI AL sebagai pemegang peran utama. Oleh karena itu, bagi personel TNI AL khususnya setiap Perwira merupakan suatu keharusan untuk memahami tahapan-tahapan operasi secara tehnik prosedur staf dan Komando secara baik dan benar.

Adapun hal yang penting menjadi penekanan pada latihan kali ini, agar Pasis mengikuti Lattek dengan penuh tanggung jawab, semangat dan kerja keras. Mengimplementasikan semua teori yang telah didapat pada tahap-tahap sebelumnya. Memperhatikan segala petunjuk dan bimbingan para instruktur guna menciptakan kerja sama yang baik, serta mampu menciptakan suasana kondusif sesama Siswa dan tetap menjaga kesehatan yang merupakan modal utama, sehingga para Pasis dapat mengikuti seluruh kegiatan ini dengan baik hingga selesai.

Kegiatan ini juga dihadiri Wadan Kodikopsla Kodiklatal Kolonel Laut (P) Edhi Supriyono selaku Penasihat Latihan (Hatlat), Danpusdiklapa Kodikopsla Kodiklatal Kolonel Laut (P) Akhmad Alif Saifuddin Zuhri selaku Direktur Latihan (Dirlat), serta Danselapa Kodikopsla Kodiklatal Letkol Laut (P) Hari Siswoyo selaku Wakil Direktur Latihan (Wadirlat).(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *