Tangis Haru Keluarga Saksikan Pelantikan Siswa Dikmata Satdik-1 Kodiklatal Angkatan 44 TA.2024

Tangis Haru Keluarga Saksikan Pelantikan Siswa Dikmata Satdik-1 Kodiklatal Angkatan 44 TA.2024

Sengkelatnews.com Tangis haru dan bangga keluarga mewarnai Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah para Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan 44 TA. 2024 Satdik – 1 Kodiklatal yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, bertempat di Lapangan Mako Satdik – 1 Tanjung Uban.  Kamis (04/07/2024).

Tangis Haru Keluarga Saksikan Pelantikan Siswa Dikmata Satdik-1 Kodiklatal Angkatan 44 TA.2024


Sebanyak 102 Siswa Dikmata Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban setelah disumpah dan dilantik oleh Dankodiklatal, secara resmi menjadi Prajurit TNI berpangkat Kelasi Dua dengan rincian sebanyak 33 orang dari Kejuruan Listrik (Lis), 29 orang Kejuruan Angkutan (Ang) dan 40 orang Kejuruan Tata Usaha (Ttu).

Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah dengan rasa bahagia dan bangga, mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan menjadi Tamtama TNI Angkatan Laut dengan pangkat Kelasi Dua. “Pendidikan Dasar Keprajuritan yang dijalani para Siswa selama tiga bulan dan Dasar Golongan selama satu bulan, mampu meningkatkan jiwa keprajuritan yang tanggap, tanggon dan trengginas, serta memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang siap dikembangkan dalam Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan yang akan dilaksanakan selama dua bulan di Satdik – 1 Kodiklatal,” kata Dankodiklatal.

Dankodiklatal berharap melalui Sumpah yang baru saja diucapkan, serta janji kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT , seluruh siswa dapat menjalankan segala kewajiban sebagai seorang Prajurit Jalasena dengan penuh rasa tanggung jawab, tunduk pada hukum dan memegang teguh disiplin keprajuritan yang dilandasi oleh jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL.

Selanjutnya di Tahap Dasar Golongan Lanjutan nanti, para Siswa dibekali dengan pengetahuan serta keterampilan profesi Matra Laut dan akan lebih banyak belajar, berlatih maupun praktek sesuai Korps atau Kejuruan masing-masing. Selain itu, guna mendukung optimalisasi pembelajaran Praktek akan dilaksanakan di Satuan KRI Koarmada I dan Fasharkan Mentigi Tanjung Uban. Satdik – 1 Kodiklatal Tanjung Uban juga telah memiliki sarana dan prasaran yang memadai.

Adapun prajurit yang baru dilantik merupakan putra daerah wilayah Aceh, Sumatera, Kalimantan dan Kepulauan Riau. Hal ini selaras dengan Perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yakni, dalam rangka mengisi kekurangan personel TNI AL khususnya pengawak Pos TNI AL di Wilayah Barat, maka TNI AL memberikan kesempatan kepada putra putri daerah untuk bergabung menjadi Prajurit TNI AL.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *