100 Siswa Dikmata Satdik – 2 Resmi Sandang Pangkat Prajurit Kelasi Dua TNI AL

Sengkelatnews.com Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah memimpin Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 100 Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut, Angkatan Ke-44 TA 2024 Satuan Pendidikan (Satdik) – 2 Kodiktal, bertempat di Lapangan Hijau Satdik 2. Kodiklatal  Makassar.  Jumat (12/07/2204).

100 Siswa Dikmata Satdik - 2 Resmi Sandang Pangkat Prajurit Kelasi Dua TNI AL


Adapun pelaksanaan kegiatan ini, di tandai dengan Penyematan Tanda Pangkat oleh Inspektur Upacara dan Pengambilan Sumpah Prajurit serta Penandatangan Berita Acara Sumpah Prajurit

Dalam kesempatan tersebut, Dankodiklatal juga memberikan Penghargaan kepada Kelasi Dua Ariyanto Nyanyi Kabba sebagai Siswa terbaik Dikmata TNI AL Angkatan 44  yang berasal dari Sumba Barat.

Dalam amanatnya, Dankodiklatal mengatakan bahwa setelah selesai melaksanakan Pendidikan Dasar Keprajuritan selama tiga bulan dan Dasar Golongan selama satu bulan, diharapkan para Siswa mampu meningkatkan jiwa keprajuritan yang tanggap, tanggon dan trengginas serta memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang siap dikembangkan dalam Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan yang akan dilaksanakan selama dua bulan di Satdik-2 Kodiklatal.

“Melalui Sumpah yang baru saja diucapkan, saat ini para Siswa secara resmi telah menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut dengan Pangkat Kelasi Dua.  Untuk itu, saya ingatkan bahwa Saudara telah berjanji kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Untuk menjalankan segala kewajiban sebagai seorang Prajurit Jalasena dengan penuh rasa tanggung jawab, tunduk pada hukum dan memegang teguh disiplin Keprajuritan yang dilandasi oleh Jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut”, tegas Dankodiklatal.

Dalam Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan nanti, 100 Siswa Dikmata TNI AL tersebut akan dibekali dengan pengetahuan serta keterampilan Profesi Matra Laut sesuai dengan Korps dan Kejuruan masing-masing.

Kegiatan yang dihadiri Pimpinan TNI-Polri Wilayah Sulawesi Selatan dan Makassar, Forkopimda Wilayah Makassar dan Pejabat Utama (PJU) Kodiklatal, juga dimeriahkan dengan acara Demontrasi Kolone Senapan yang dibawakan Siswa Satdik – 2 Makasaar, Bongkar Pasang Senjata, Senam Balok, Pluit, Visit Board Search and Seizure (VBSS),  Bela Diri Militer serta Yel-Yel Siswa Satdik – 2 Makassar. 

Selesai rangkaian kegiatan Upacara, Dankodiklatal didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah berkesempatan meresmikan Lapangan Tembak Pistol dengan nama Bima Cakti di Mako Satdik – 2 Makassar.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *