Peringati Hari Mangrove Sedunia, Siswa Suspa Potmar TNI AL Lattek Penanaman Mangrove

Peringati Hari Mangrove Sedunia, Siswa Suspa Potmar TNI AL Lattek Penanaman Mangrove

Sengkelatnews.com Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia atau World Mangrove Day yang diperingati setiap tanggal 26 Juli, Siswa Kursus Perwira Potensi Maritim (Suspa Potmar) TNI AL Angkatan III TA. 2024, melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) kerja lapangan Penanaman Mangrove bersama Pelindo dan Masyarakat Pesisir bertempat di Adventure Land, Kelurahan Romokalisari, Kecamatan Benowo, Surabaya Barat, Kamis (25/07/2024).

Peringati Hari Mangrove Sedunia, Siswa Suspa Potmar TNI AL Lattek Penanaman Mangrove


Siswa Suspa Potmar TNI AL yang berada di bawah naungan Pusat Pendidikan Intelijen Maritim (Pusdikintelmar) Kodikopsla Kodiklatal ini, melaksanakan Gerakan Penanaman Mangrove bekerjasama dengan Pelindo dan Masyarakat Pesisir.

Wadan Kodikopsla Kolonel Laut (P) Edhi Supriyono yang mewakili Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla) Kodiklatal Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah selaku Inspektur Upacara (Irup) membuka langsung acara penanaman mangrove yang diikuti oleh peserta yang terdiri dari Siswa Kodikopsla, Yonmarhanlan V, pelajar Saka Bahari SMK Kal 1 Surabaya dan Masyarakat Nelayan Romokalisari.

Dalam amanat Dankodikopsla yang dibacakan oleh Wadan Kodikopsla mengatakan bahwa, Gerakan Penanaman Mangrove ini  adalah wujud nyata yang diberikan Kodiklatal melalui Pusdikintelmar, sebagai dukungan terhadap program pemerintah dalam sosialisasi, edukasi, serta ajakan kepada segenap komponen bangsa untuk menjaga dan merawat ekosistem mangrove, serta meningkatkan awareness akan pentingnya mangrove bagi  kelestarian lingkungan dan kehidupan di muka bumi ini.

Untuk diketahui,  Gerakan Penanaman Mangrove yang direncanakan sejumlah 1000 pohon tersebut, merupakan bagian dari Latihan Praktek Kerja Lapangan atau Lattek Siswa Suspa Potmar TNI AL Angkatan III 2024, yang sebelumnya telah menerima sejumlah materi tentang Daerah Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) dan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar), diantaranya Pembinaan Desa Pesisir (Bindesir), Penyuluhan materi Kampung Bahari Nusantara (KBN), dan Program Laut Bersih (Prolasi).

Mereka pun telah melaksanakan Latihan Praktek Simulasi Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar), dan Lattek Penyusunan Sistem Perencanaan dan Pengendalian (Sisrendal) Binpotmar. Mengakhiri amanatnya Dankodikopsla berharap kepada seluruh siswa Suspa Potmar TNI AL Angkatan III 2024, setelah melaksanakan praktek lapangan ini selanjutnya dapat mengaplikasikannya dikesatuan masing-masing.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Danpusdik Intelmar Kolonel Laut (P) Kelik Haryadi, Aspotmar Lantamal V, Kadispotmar Lantamal V, Dansepa Pusdik Intelmar Letkol Marinir Inggit Dahana S, jajaran Direksi Pelindo Group, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian, Camat Benowo, Lurah Romokalisari dan Ketua Kelompok Nelayan Romokalisari.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *