Lanal Ende Akan Dibangun, Dankodiklatal Dampingi Kasal Silaturahmi Kepada Pj. Gubernur NTT

Sengkelatnews.com Adanya rencana pembangunan Lanal Ende, Komandan Kodiklatal (Dankodikatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali melaksanakan silaturahmi dalam Jamuan Makan Malam bersama Pj. Gubernur NTT Bapak Ayodhia G.L. Kalake, S.H., MDC. beserta Forkopimda Kupang bertempat di Kediaman Pj. Gubernur NTT. Kamis (08/08/2024).

Lanal Ende Akan Dibangun, Dankodiklatal Dampingi Kasal Silaturahmi Kepada Pj. Gubernur NTT


Selain meningkatkan hubungan baik antara TNI AL dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kasal berkesempatan melaksanakan penandatanganan hibah tanah dan bangunan dari Pemprov NTT kepada TNI AL berupa tanah seluas 11.000 m2 yang terdiri dari 13 unit bangunan dan gedung, 3 ruas jalan dan 1 unit instalasi listrik, berlokasi di Kelurahan Paupanda, Kecamatan Ende Selatan. Tanah beserta bangunan tersebut nantinya akan dimanfaatkan oleh TNI AL sebagai Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI AL (Lanal) Ende.

Dalam sambutannya, Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa, secara geografis, NTT berada pada posisi yang strategis karena berbatasan langsung dengan Timor Leste dan Australia. Di samping itu, wilayah perairannya berada pada jalur ALKI-III, sehingga menjadikan NTT memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia di wilayah timur.

“Keberadaan Pangkalan TNI Angkatan Laut di wilayah Ende, dinilai akan memberikan manfaat dalam pengawasan dan pengamanan di wilayah Perairan NTT, khususnya bagi kapal-kapal asing yang melintas di jalur ALKI-III”, tegas Kasal.

Kasal didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Pemerintah Provinsi NTT, atas dukungan serta bantuan yang telah diberikan kepada TNI AL selama ini.

“Dengan sinergitas dan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan TNI Angkatan Laut, saya berharap keamanan laut di wilayah ALKI-III dapat lebih terjamin dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat terus ditegakkan”, ungkap Kasal.

Selain Dankodiklatal yang  hadir bersama Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Irjenal, para Asisten Kasal, Pangkoarmada II, Kadispenal, Danlantamal VII, dan Forkopimda NTT, serta undangan lainnya.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *