Dankodiklatal Pimpin Uji Konsep RO Latihan Armada Jaya 42 Tahun 2024 TNI AL.

Dankodiklatal Pimpin Uji Konsep RO Latihan Armada Jaya 42 Tahun 2024 TNI AL.

Sengkelatnews.com Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah selaku Direktur Latihan (Dirlat) Latihan Armada Jaya XLII TA.2024 meninjau dan sekaligus memimpin langsung pelaksanaan uji Konsep Rencana Operasi (RO) dengan metode Tactical Floor Game (TFG) dari Ruang Olah Yudha, Gedung P. Sulawesi Puslatopsla Kodiklatal, Bumimoro Surabaya, Rabu, (14/08/2024).

Geladi Posko Latihan AJ XLII Tahun 2024 yang berlangsung sejak 5 s.d. 15 Agustus 2024, Kotama yang berada di Jakarta melaksanakan latihan di Pusatkan di Mako Kolinlamil dan Koarmada I bertempat di Kolatarmada I Jakarta, Kotama yang berada di wilayah Surabaya dan Balakpus selaku Satgasduk terpusat di Kodiklatal,  selanjutnya yang berada di Koarmada III terpusat di Sorong.

Uji Konsep Rencana Operasi melalui TFG diawali dengan laporan Dirjianbang Laksma TNI Ivan Gatot Prijanto selaku Aspers Pangkogab TNI. Adapun selaku Pangkogab TNI pada Latihan Armada Jaya XLII tahun 2024 adalah Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah. Setelah Latihan AJ XLII tahun 2024 dibuka dilanjutkan dengan pelaksanaan uji Konsep Rencana Operasi yang meliputi dari tahap Persiapan, Pelaksanaan hingga Pengakhiran.

Adapun tujuan latihan AJ XLII tahun2024 ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan  profesionalisme Prajurit Jalasena, kemampuan unsur Pimpinan dan Staf Komando Tugas Gabungan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan militer pada pelaksanaan Operasi Gabungan TNI dan menguji doktrin Operasi Gabungan TNI dalam kerangka Tupoksi TNI AL sebagai alat pertahanan negara di laut.

Sedangkan tema Latihan AJ XLII Tahun 2024 yaitu, “Kogaslagab, Kogasgabfib, Kogasgabratmin dan Kogasgabhantai Melaksanakan Perencanaan Operasi Laut Gabungan, Operasi Amfibi, Operasi Pendaratan Administrasi dan Operasi Pertahanan Pantai dengan Didukung Operasi Dukungan Komlek, Operasi Dukungan Kesehatan dan Operasi Dukungan Informasi dan Operasi Dukungan Pasus di Mandala Operasi di Wilayah Indonesia Barat Bagian Utara dan Wilayah Indonesia Timur Bagian Utara dalam rangka mendukung Kampanye Militer Kogab TNI”.

Kegiatan latihan kali ini yang dilaksanakan secara langsung dan melalui Vicon dihadiri. Adapun  Danpuspenerbal Laksda TNI Sisyani Jaffar sebagai Wadirlat, Pangkoarmada I Laksda TNI Dr. Yoos Suryono Hadi sebagai Pangkogasgabhantai, Pangkoarmada III Laksda TNI Hersan sebagai Pangkogaslagab,
Pangkolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo sebagai Pangkogasgabratmin, Kaskoarmada II Laksma TNI Isswarto sebagai Wapangkogasgabfib, dan Kadiskomlekal Laksma TNI Benny Febri sebagai Dansatgasduk Komlek, serta para Staf Pangkogab TNI yang diperankan oleh Ir Kodiklatal, para Direktur serta Dankodik di jajaran Kodiklatal, dan turut dihadiri para undangan maupun pendukung latihan lainnya.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *