Latihan puncak TNI AL Armada Jaya XLII sebagai wahana Tingkatkan Kemampuan Unsur Pimpinan & mengasah prajurit yang terlatih

Latihan puncak TNI AL Armada Jaya XLII sebagai wahana Tingkatkan Kemampuan Unsur Pimpinan & mengasah prajurit yang terlatih

Sengkelatnews.com “Latihan ini merupakan wahana yang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan unsur pimpinan serta staf komando tugas gabungan dalam melaksanakan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada pelaksanaan Operasi Gabungan TNI dan menguji Doktrin Operasi Gabungan TNI dalam kerangka Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) TNI Angkatan Laut sebagai alat pertahanan negara di laut.”

Latihan puncak TNI AL Armada Jaya XLII sebagai wahana Tingkatkan Kemampuan Unsur Pimpinan & mengasah prajurit yang terlatih


Demikian dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang dibacakan oleh Komandan Kodklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah saat memimpin penutupan Latihan Armada Jaya (AJ) ke-XLII/42 Tahun 2024, bertempat di JOPR Gd. Soedomo Kodiklatal Bumimoro Surabaya. Kamis (15/08/2024).

Kasal mengatakan bahwa, upacara penutupan yang diselenggarakan ini, menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan Geladi Posko Latihan Armada Jaya ke-42 tahun 2024. Selama pelaksanaan kegiatan mulai tanggal 5 sampai dengan 15 Agustus 2024, seluruh peserta geladi telah mengikuti dan melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan latihan dengan serius, serta berupaya mengaplikasikan semua kemampuan untuk mendinamisasikan geladi ini secara optimal.

Lebih jauh dikatakan bahwa keberhasilan latihan ini tidak hanya ditentukan oleh hasil dari produk latihan, namun kesungguhan dan semangat peserta latihan juga menjadi faktor yang sangat penting.  Meskipun dalam latihan kali ini tidak melaksanakan manuver lapangan, namun hal tersebut tidaklah mengurangi arti penting dari latihan Armada Jaya yang kita selenggarakan, karena perencanaan operasi yang baik akan menentukan keberhasilan pelaksanaan suatu operasi.

“Ekspektasi yang ingin dicapai dari latihan ini adalah agar seluruh peserta latihan memiliki kemampuan pengambilan keputusan militer yang cepat dan tepat untuk merespon dinamika perkembangan situasi yang mengancam kedaulatan negara, memahami serta mengaplikasikan doktrin Operasi Gabungan TNI yang ada dalam merespon perubahan situasi dan paradigma global, memberikan sumbangan pemikiran dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya ancaman, serta dapat memberikan umpan balik guna menguji dan menyempurnakan strategi serta taktik peperangan maupun doktrin dalam melaksanakan perencanaan operasi,” ungkapnya.

Pimpinan tertinggi TNI AL tersebut juga berpesan kepada peserta latihan agar bertempurlah seperti sebagaimana telah dilatih serta ditempa dengan keras dan penuh kesulitan di medan latihan, sehingga akan terciptanya prajurit matra laut yang tangguh, hebat dan memiliki kehandalan tinggi untuk menghadapi seluruh tantangan, ketika berada dalam medan pertempuran sesungguhnya.

“Tanamkan dalam diri kalian bahwa, “The Only Easy Day Was Yesterday”.  Akan selalu ada tantangan baru dan lebih berat di masa yang akan datang.  Terus isi diri dan jaga profesionalitas dengan berlatih, terus berlatih dan selalu berlatih”, tandasnya.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *