Tingkatkan Sinergitas, Wadan Kodiklatal Hadiri Penandatanganan PKS

Tingkatkan Sinergitas, Wadan Kodiklatal Hadiri Penandatanganan PKS

Sengkelatnews.com Guna meningkatkan sinergitas dalam membangun kekuatan TNI Angkatan Laut (TNI AL), Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono mewakili Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah hadiri penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara TNI AL dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Penandatangan PKS ini dilaksanakan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dengan Kepala BRIN Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. bertempat di Selasar Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Selasa (20/08/2024).

Laksamana Muhammad Ali dalam sambutannya mengatakan bahwa, sebagai institusi militer yang bertugas menjaga kedaulatan dan keamanan negara di laut, TNI AL memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk berkolaborasi serta bersinergi mendukung BRIN dalam menyelenggarakan kegiatannya di seluruh wilayah Perairan Indonesia.

“Kolaborasi antara Badan Riset dan Inovasi Nasional dengan TNI Angkatan Laut, akan membuka peluang secara optimal dalam hal pemanfaatan dan optimalisasi data atau informasi riset dan inovasi, pemanfaatan bersama informasi geoportal, pemanfaatan sarana dan prasarana, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta publikasi dan diseminasi”, ujar Kasal.

Kasal berharap melalui PKS ini, akan terjalin kerja sama yang lebih erat dalam pengembangan riset dan teknologi yang mendukung kapasitas operasional TNI AL serta kemajuan inovasi di bidang pertahanan matra laut yang berkontribusi pada stabilitas dan kemajuan nasional.

“Dengan adanya kerja sama ini, baik TNI AL maupun BRIN dapat saling melengkapi dan memperkuat peran masing-masing dalam menjaga kedaulatan dan keamanan laut Indonesia, serta memajukan inovasi dan teknologi nasional diantaranya peningkatan kapasitas teknologi dan riset, peningkatan keamanan dan kedaulatan maritim, pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), efisiensi dan sinergi sumber daya, dan penguatan kedaulatan serta kepentingan nasional”, harap Pimpinan Tinggi TNI AL tersebut.

Kedatangan Kepala BRIN di Mabesal didampingi oleh Wakil Kepala BRIN Prof. Amarulla Octavian, Sekretaris Utama BRIN Rr. Nur Tri Aries Suestiningtyas, Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN Dr. Mego Pinandito, Direktur Kebijakan Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan BRIN Moch. Nurhasim, Direktur Pengelolaan Armada Kapal Riset Dr. Nugroho Dwi Hananto, dan Kepala Biro Hukum dan Kerja Sama BRIN Mila Kencana.

Sedangkan Petinggi TNI AL antara lain dihadiri oleh Wakasal Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma, Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Denih Hendrata, Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Budi Purwanto, serta Pejabat Utama Mabesal, dan Pejabat Kotama TNI AL.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *