Kodiklatal Tingkatkan Kualitas Pendidikan dengan Teknologi Virtual Reality

Kodiklatal Tingkatkan Kualitas Pendidikan dengan Teknologi Virtual Reality

Sengkelatnews.com Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Angkatan Laut yang unggul dan profesional, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah meluncurkan Naval Machinery Ship Virtual Reality Training System di Gedung E.H. Thomas Pusdiktek Kodikdukum Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Rabu (21/08/2024).

Kodiklatal Tingkatkan Kualitas Pendidikan dengan Teknologi Virtual Reality


“Sistem pelatihan virtual reality ini merupakan program kerja TNI Angkatan Laut Tahun Anggaran 2024 yang bertujuan untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana pendidikan di Kodiklatal. Sistem ini juga merupakan bagian dari upaya mewujudkan program pendidikan berbasis teknologi di lingkungan Kodiklatal”, terang Dankodiklatal.

Menurut Letjen Marinir Nur Alamsyah, Naval Machinery Ship Virtual Reality Training System merupakan inovasi sistem belajar mengajar yang mengedepankan teknologi pembelajaran aktif. Sistem ini memungkinkan para Siswa untuk berinteraksi langsung dengan materi pelajaran melalui simulasi dan pengalaman virtual.

“Dengan demikian, mereka dapat memperdalam pemahaman terhadap perangkat-perangkat atau komponen yang ada di dalam kapal perang, seperti mesin pokok kapal, diesel generator, water system, dan sistem pendukung kapal lainnya”, ungkapnya.

Orang nomor satu di Kodiklatal ini berharap sistem pelatihan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dan dirawat dengan baik. “Saya berharap para siswa dapat memanfaatkan dukungan perangkat Naval Machinery Ship Virtual Reality Training System dengan semaksimal mungkin serta merawat sistem dan perangkat tersebut dengan sebaik-baiknya,” ujar Dankodiklatal.

Peluncuran sistem pelatihan ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Dankodiklatal yang disaksikan oleh Dankodikdukum Laksma TNI Dr. Taufik Arief beserta Direktur PT. Sampana Anugerah Lestari Bapak Dion, dan dihadiri oleh para Pejabat Utama Kodiklatal, serta Pejabat Kotama TNI AL Wilayah Surabaya.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *