Di Tengah Lattek Dikko Marinir, Siswa Kodiklatal Bersama Warga Banyuwangi Bersinergi

Di Tengah Lattek Dikko Marinir, Siswa Kodiklatal Bersama Warga Banyuwangi Bersinergi

Sengkelatnews.com Direktur Latihan (Dirlat) Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Widodo diwakili Paban III Sislatditlat Kodiklatal Kolonel Marinir Alexander C.W., meninjau Latihan Praktek (Lattek) Pendidikan Komando (Dikko) 174 Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Angkatan 43/2 TA. 2024 di Desa Kampung Anyar, Banyuwangi. Kamis (22/08/2024).

Di Tengah Lattek Dikko Marinir, Siswa Kodiklatal Bersama Warga Banyuwangi Bersinergi


Dalam Lattek Dikko Tahap Sargolan Kejuruan Marinir Materi Gerilya Lawan Gerilya (GLG) ini, juga dilaksanakan kegiatan kerja bakti oleh Siswa Dikko 174 bersama Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari UNIBA (Universitas PGRI Banyuwangi) bersama warga sekitar Dusun Jopuro Desa Kampung Anyar.  Kerja bakti ini menjadi bagian dari materi GLG yang bertujuan untuk membangun keakraban dan mempererat tali silaturahmi antara TNI dengan masyarakat.

Perwakilan Siswa Dikko 174 menyampaikan pesan bahwa GLG merupakan upaya untuk melawan gerilya yang bertujuan merusak negeri dan mengusir musuh.  “Kami di sini bersatu dengan masyarakat untuk memerdekakan negeri ini, TNI bersama rakyat kuat,” tegasnya.

Kepala Desa Kampung Anyar, Bapak Suwandi, menyambut baik kehadiran TNI di desanya. Beliau mengungkapkan bahwa kehadiran TNI sangat bermanfaat dan menjadi penyemangat bagi para pemuda pemudi desa Kampung Anyar untuk menjadi anggota TNI.  “Saat ini pun sudah ada pemuda desa Kampung Anyar yang menjadi Abdi Negara,” ujar Suwandi.

Selain kerja bakti, kegiatan ini juga diisi dengan penyerahan paket sembako kepada warga di Desa Kampung Anyar, Boyolangu, dan Tamansari.  Penyerahan sembako dilakukan oleh Paban III Sislatditlat Kodiklatal, Kepala Desa Kampung Anyar, Kadepopsdik Letkol Marinir Indartono, Palaklat Satgas Dikko Mayor Mar Yunda Karyawanto, Perwakilan Lanal Banyuwangi, dan Perwakilan Siswa Dikko.

Pemberian sembako merupakan bagian dari materi Gerilya, khususnya Bina (Pembinaan) dan Binter (Pembinaan Teritorial).  Sebanyak 174 paket sembako diberikan kepada warga di tiga desa tersebut, sesuai dengan jumlah Angkatan Pendidikan Komando yang ke-174.

Kegiatan GLG di Desa Kampung Anyar, Desa Boyolangu, dan Desa Tamansari Banyuwangi berlangsung selama 9 hari.  Tampak hadir dalam kegiatan ini Kadepopsdik Letkol Marinir Indartono, Palaklat Mayor Marinir Yunda Karyawanto, Paopslat Kapten Marinir Junianto, para Perwira Satgas Lattek Dikko 174, Kepala Desa Kampung Anyar Bapak Suwandi, dan Kepala Dusun Jopuro Bapak Abdul Rahman.

Kunjungan kerja ini menunjukkan komitmen TNI AL untuk terus menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan memberikan manfaat nyata bagi kesejahteraan masyarakat.  Kegiatan ini juga menjadi bukti nyata bahwa TNI AL selalu siap menjaga kedaulatan negara dan melindungi rakyat Indonesia.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *