Mayjen TNI Rudy Saladin M.A.  Hadiri Pembukaan Latihan Gabungan Bersama Super Garuda Shield

Sengkelatnews.com Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rudy Saladin, M. A, menghadiri pembukaan Latgabma Super Garuda Shield Tahun 2024 yang digelar di Base Ops Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Juanda, Sidoarjo. Senin (26/08/2024).

Latihan gabungan bersama Super Garuda Shield (SGS) tahun 2024 itu, yang dibuka secara resmi oleh Wadankodiklat TNI, Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra bersama Mayjen Joseph R. Harris 2nd Hawai Air National Guard Commander tersebut ditandai dengan penyemaatan tanda peserta latihan kepada dua orang prajurit perwakilan peserta latihan.

Ditemui usai mengikuti prosesi pembukaan tersebut, Pangdam mengatakan jika Latgabma itu diikuti oleh ribuan prajurit TNI dan prajurit militer dari negara sahabat di kawasan Indo-Pasifik, diantarnya Amerika Serikat, Australia, Jepang, Singapura, Inggris, Kanada, Thailand, Korea Selatan, Perancis, Selandia Baru, dan negara pengamat dari Brazil, Malaysia, Filipina, Belanda, Papua Nugini, Brunei Darussalam, Arab Saudi, India dan Timor Leste.

“Latgabma SGS ini akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus hingga 06 September,” kata Mayjen TNI Rudy.

Tujuan digelarnya Latgabma tersebut, kata Pangdam, ialah untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan untuk merencanakan sekaligus melaksanakan operasi gabungan bersama yang didukung oleh Staf Fungsi Gabungan.

“Latihan ini juga digelar  dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama bilateral antar militer, serta meningkatkan interoperability TNI dan US Indopacom dalam hal kapasitan untuk merencanakan operasi gabungan bersama,” jelas Pangdam V/Brawijaya.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *